Basha Market Chapter 2 - Merayakan Kreatifitas Lokal

12 Apr 2015    View : 3317    By : Amidah Budi Utami


Kali ini Tim Artebia meliput bazar yang sedang nge-hits di Surabaya, Basha Market. Basha Market Chapter 2 ini diselenggarakan pada tanggal 10 sampai dengan 12 April 2015 di Tunjungan Plaza Convention Hall Surabaya. Basha Market kedua ini mengusung tema Hyperspace, sebuah dekorasi yang didominasi dengan warna hitam dan putih khas suasana luar angkasa ini sangat menarik menurut saya. Basha Market sebelumnya (chapter 1) diselenggarakan pada tanggal 5 sampai dengan 8 Desember 2014 dengan mengusung tema Broadway. Baiklah Artebianz, mari mengenal lebih dekat tentang bazar yang menarik ini.

welcome to basha market


Apakah Basha Market?

Basha Market adalah pelopor bazar tematik di Surabaya. Basha Market ini adalah salah satu proyek dari Benchmark. Bazar ini menyediakan sarana bagi para pengusaha muda untuk menjangkau konsumennya melalui acara menarik bertema unik. Basha Market tidak hanya mengenalkan produk-produk fashion, kuliner, kerajinan tangan kepada masyarakat luas, tetapi juga menyatukan komunitas bakat kreatif lokal.

Basha Market berencana akan menggelar 2 kali pameran setiap tahun. Pada tiap-tiap pameran akan memiliki tema yang berbeda-beda serta vendor-vendor yang berbeda pula. Dan perlu Artebianz ketahui, Basha Market tidak menarik biaya/tiket untuk para pengujung.

Saya puas dengan tema kali ini serta penasaran tema apakah yang akan diusung pada Basha Market selanjutnya?

 

Basha Market Chapter 2: Welcome To Hyperspace

Basha Market kali ini bertema hyperspace dengan dominasi warna hitam dan putih, jadi seolah-olah kita sedang berada di luar angkasa. Seperti yang sudah dijanjikan, Basha Market mendekorasi tempat yang cukup luas sebagai area berfoto untuk para pengunjung. Mereka sangat memahami kebutuhan para pengujung untuk ber-selfie. Bahkan Basha Market menyediakan tempat selfie yang representatif.

Semua booth Basha Market kali ini dipenuhi oleh vendor-vendor dan startup di bidang kuliner, fashion, kecantikan, dekorasi rumah, aksesoris, sampai baby shop. Kebanyakan vendor adalah toko online dari berbagai kota, seperti Jakarta, Bandung dan Surabaya. Mereka mendesain, membuat serta memasarkan produk mereka sekaligus. Hebat sekali kan Artebianz! Istilahnya, para vendor ini adalah orang-orang yang bergerak "From Zero To Hero". Saya seolah-olah mendapat energi positif dari orang-orang kreatif dan gigih di bazar ini. Kebanyakan vendor kecantikan, aksesoris, dan desain interior mengusung tema vintage, tema yang sedang digemari saat ini. Ada sekitar puluhan sampai ratusan vendor yang mengikuti pameran ini. Sayangnya saya tidak bisa meliput mereka satu per satu. Oleh karena itu saya akan mengulas beberapa booth saja.

 

Booth-Booth Menarik di Basha Market Chapter 2

Fabula Artwork

Basha Market bekerja sama dengan fabula menampilkan pameran karya kumpulan ilustrator berbakat dari seluruh Indonesia yang berada dalam naungan Fabula Agency. Fabula adalah sebuah agen ilustrasi yang mempresentasikan beberapa ilustrator ternama Indonesia. Agen yang beralamat di Menteng Jakarta Pusat ini memfokuskan diri pada ilustrasi-ilustrasi kontemporer. Pantaslah saya menangkap kesan dinamis dan segar pada karya seni mereka.

fabula agency

 

Berikut adalah karya seni yang berhasil saya abadikan:

fabula artwork

 

EGGOZOO -Fawn Girls And The Flowers (kiri)
Ilustrasi tentang seorang wanita yang selalu dekat dengan bunga sebagai simbol kecantikan dan deer sebagai simbol kelembutan (IDR 4.500.000)

YERIKHO NAEKTUA PURBA - From The Earth To The Star (tengah)
"Non est ad astra mollis e terris via" merupakan pepatah lama yang mengungkapkan (secara denotasi) betapa rumitnya untuk menuju sebuah bintang. Pepatah tersebut dapat dimaknai bahwa untuk mencapai cita-cita terunggul dibutuhkan usaha yang besar dan tidak mudah. (IDR 2.600.000)

VIONA PARAMITA - Carnation (kanan)
Karya ini terinspirasi dari bunga yang punya bahasa mereka sendiri. White carnation menceritakan tentang purity, innocence, dan faithfulness. (IDR 2.000.000)

Vendor  : Fabula Agency
Fokus    : Ilustrator Agency
Website : http://fabula.co.id/
Alamat   : Jalan Prof. Muchammad Yamin no. 1, Menteng, jakarta Pusat  
Kontak  : info@fabula.co.id, +62 21 128 063 923

Penerbit Haru

Salah satu penyemangat Tim Artebia datang ke Basha Market adalah ingin berkunjung ke booth Penerbit Haru, salah satu penerbit favorit saya. Kemarin adalah kali pertama saya bertemu dengan owner penerbit keren ini, Lia Indra Andriana. Selain buku-buku keren terbitan Haru, Kak Lia juga menghadirkan produk-produk Emerald Green. Vendor Emerald Green berkonsentrasi pada kerajian tangan yang mengeksplorasi kain seperti tas, tempat pensil, bantal sampai sampul buku kain. Menarik kan Artebianz?

booth penerbit haru

Di kesempatan spesial ini, penerbit Haru memberi diskon spesial 20% untuk Artebianz yang membeli buku Haru di Basha Market. Selain produk Emerald Green dan buku terbitan Haru, juga terdapat merchandise lucu para karakter Blood Type. Kak Lia juga membawa seri terbaru Blood Type 3, namun sudah keburu habis saat saya dan Tim mengunjungi booth-nya.

Vendor  : Penerbit Haru, Emerald Green
Fokus    : Penerbitan buku fiksi dan nonfiksi Asia, Kerjianan tangan yang mengeksplorasi kain
Website : http://penerbitharu.com/
Kontak  : penerbitharu@gmail.com

 

Onni : Plants, Flowers, And Home Living

Saya pribadi sangat tertarik dengan dekorasi rumah yang mengandalkan tanaman-tanaman mungil nan lucu melebihi ketertarikan saya pada fashion, aksesoris, dan kuliner. Oleh karena itu, saya sangat antusias mendapati beberapa vendor yang berkonsentrasi pada bidang ini, salah satunya adalah Onni.  

onni-plants-flowers-home-living    

Vendor  : Onni
Fokus    : Plants, Flowers, And home living
Website : www.onni.co.id
Kontak  : hello@onni.co.id, 0812.1313.0771


Grow Box Bandung

Salah satu booth unik di basha market kali ini adalah Grow Box yang menjual bibit jamur dalam boks. Mereka punya slogan "Let's grow your own food". Terdengar menarik ya Artebianz?

Growbox adalah sebuah kotak sederhana berisikan bibit jamur tiram yang bisa dibudidayakan oleh siapa saja, di mana saja, dan kapan saja. Kita dapat merasakan pengalaman baru untuk memiliki pertanian jamur kecil sendiri. Dalam waktu 2-4 minggu, dengan perawatan yang mudah, jamur akan tumbuh dan kita dapat memanen untuk keperluan konsumsi. Tidak berakhir disana, nantinya jamur ini dapat dipanen hingga 3-4 kali. Artebianz bisa membawa pulang satu boks growbox hanya dengan membayar 75.000 rupiah.

grow box bandung(foto diambil dari akun instagram @growboxbdg)

Vendor  : GrowBox
Fokus    : Mengembangbiakkan jamur dengan cara modern
Alamat   : Bandung
Website : http://halogrowbox.com
Kontak  : halogrowbox@gmail.com, +62 856 234 9262

 

Hal-hal Menarik Yang Ditawarkan Basha Market

Tidak seperti bazar pada umumnya yang hanya menyediakan ruang pameran, Basha Market dan juga para sponsor berusaha menarik perhatian pengunjung dengan berbagai cara :

1. Open Space Photobooth

Saat pertama kali memasuki bazar, Artebianz akan disambut oleh dekorasi hyperspace yang wow! Di sini Artebianz boleh berfoto sepuasnya. Memang tempat ini dihadirkan untuk memanjakan pengunjung. Membangun mood pengunjung sebelum menyusuri satu per satu booth di dalamnya.

open-space-photobooth(foto diambil dari akun instagram @bashamarket)


2. Kontes OOTD


Pengunjung bisa ikut berkreasi dengan mengirim foto out fit of the day melalui akun instagram, syaratnya pengunjung harus menggunakan perpaduan warna putih, hitam dan merah serta menambahkan hashtag #bashamarket dan #bashaootd. Dua pemenang yang beruntung akan dipilih oleh pupu untuk mendapatkan voucher IDR 750.000 untuk di-make-over oleh Pupu. Dan inilah pemenangnya.

ootd contest(foto diambil dari akun instagram @bashamarket)


3. Kontes Booth Terfavorit


Kontes lainnya adalah upload foto booth favoritmu di akun instagram, jangan lupa hashtag #bashamarket dan #bashabooth. Vendor terfavorit serta poster (pengunjung yang meng-upload foto booth favorit mereka) masing-masing mendapatkan voucher IDR 250.000. Dan inilah foto dan booth terfavorit.

pemenang booth favorit(foto diambil dari akun instagram @bashamarket)


4. Foto Gratis dari Netmediatama


Tidak hanya panitia basha market dan para vendor yang bersemangat untuk menyenangkan hati pengunjung. Beberapa sponsor dan media pun juga melakukan hal yang sama, salah satunya dari netmediatama. Stasiun televisi yang sedang naik daun ini menawarkan foto studio gratis yang langsung siap cetak. Tentu saja saya tidak mau melewatkannya.


netmediatama di bashamarket

Basha Market wajib dikunjungi, terutama bagi Artebianz yang tinggal di sekitar Surabaya. Walaupun kaki saya sangat capek seharian mengitari semua booth yang ada, tapi saya sangat puas. Sayangnya bazar akan segera berakhir pada tanggal 12 April 2015. Jika Artebianz belum berkesempatan mengunjungi Basha Market kedua ini, Artebianz bisa mengunjungi di bazar berikutnya. Artebianz bisa follow akun instagramnya di @bashamarket atau buka website-nya di bashamarket.com untuk mengetahui informasi mengenai bazar selanjutnya.   

 

 




Amidah Budi Utami

Amidah Budi Utami adalah seorang perempuan yang bekerja di bidang IT dan menyukai seni, sastra, fotografi, dan jalan-jalan.

Profil Selengkapnya >>

Liputan Lainnya

Tulis Komentar
comments powered by Disqus





KATEGORI :




ARTIKEL PILIHAN :




Stigma dan Tradisi: Laki-laki, Perempuan... Mana yang Lebih Baik?


Figur: Lia Indra Andriana - Dari Seorang Calon Dokter Gigi Menjadi Salah Satu Penerbit Berpengaruh


Supernova 1: Kesatria, Putri, & Bintang Jatuh


The Voices - Komedi Kelam tentang Suara-Suara di Kepala Kita


Keep Being You - Isyana Sarasvati


De Oak Cafe Resto Surabaya


Lembah Rolak


Wisata Religi: Makam Maulana Sayyid Ismail Janti, Jogoroto, Jombang


The Backstage Surabaya (Bagian 2) : Mindset Seorang Founder StartUp


Sebuah Wajah, Sebuah Rasa (Bagian Pertama)


Murni dan Tahun Baru


Sang Wanita Dan Kuburan Rasa