Goodreads Indonesia Regional Surabaya: Novel Remaja Dan Dunianya

27 Jun 2015    View : 1539    By : Amidah Budi Utami


Goodreads Indonesia Regional Surabaya (GRI Surabaya) adalah salah satu klub pembaca buku yang paling aktif di Surabaya. Terbukti hampir setiap satu bulan sekali klub buku yang diketuai Nabila Azzahra Syahbani ini mengadakan seminar atau workshop dengan berbagaimacam tema tentang buku dan dunianya. Pada kesempatan kali ini GRI Surabaya mengadakan temu penulis novel remaja bertema "Novel Remaja Dan Dunianya" dengan menghadirkan tiga orang penulis novel remaja yang berdomisili di Surabaya. Mereka adalah Prisca Primasari, Alvi Syahrin, dan Kuntari P. Januwarsi. Pastinya Artebianz tidak asing lagi dengan tiga nama ini kan? Saya pun tidak mau ketinggalan. Pada kesempatan ini saya duduk manis di meja nomer dua siap mendengarkan pengalaman penulis-penulis kece ini.


Sekilas Tentang Goodreads Indonesia Regional Surabaya

Goodreads (www.goodreads.com) adalah sebuah media sosial khusus untuk para penikmat buku. Di goodreads, Artebianz bisa mereview, memberi rating, dan berdiskusi dengan sesama anggota grup. Bagi Artebianz yang merasa seorang kutu buku pasti betah mengeksplorasi media sosial ini. Goodreads Indonesia sendiri terbentuk sekitar tahun 2006-2007 dan bercabang menjadi regional-regional kecil seperti Goodreads regional Jakarta, Surabaya, Semarang, Yogyakarta, dan lain-lain.

Goodreads Indonesia Regional Surabaya adalah salah satu klub buku yang paling aktif di Surabaya. GRI  Surabaya selalu bersemangat mengadakan acara-acara menarik dan informatif. Klub buku ini juga memiliki anggota-anggota dan panitia yang solid. Bagi Artebianz yang berdomisili di Surabaya, suka membaca, suka menulis, dan ingin punya teman-teman yang nyambung dengan duniamu? Silakan bergabung di GRI Surabaya. Mereka punya acara-acara kece yang akan menambah pengalamanmu, salah satunya yang saya bahas di artikel ini.

Baca juga: Festival Foto Surabaya—Menggugah Kepedulian Melalui Lensa


Profil Nara Sumber: Prisca Primasari, Alvi Syahrin, K.P. Januwarsi

Bagi kamu, para remaja yang menyukai karya-karya para penulis ini, pasti pengin banget datang ke acara ini. Karena apa? Tentu saja karena kakak-kakak ini akan buka-bukaan menjawab semua pertanyaan-pertanyaan yang mungkin saja sempat terlintas di kepalamu. Tapi kalau Artebianz masih kurang akrab dengan ketiga penulis ini, saya akan merangkup profil singkat mereka.

1. Prisca Primasari
Wanita kelahiran Surabaya ini telah menelurkan banyak sekali novel, terutama yang bergenre romance. Prisca adalah salah satu penulis yang produktif. Karya-karyanya antara lain STPC: Paris, Eclair: Pagi Terakhir di Rusia, Kastil Es dan Air Mancur yang Berdansa, Evergreen, Spring In Autumn, dan Priceless Moment. Selain itu, Prisca saat ini sedang menulis dua novel terbarunya, berjudul Alias dan Tulip. Jadi, mari kita cari tahu bersama, apa kunci menjadi penulis yang produktif.

2. Alvi Syahrin
Penulis muda ini telah aktif menulis novel sejak 2013. Mahasiswa Teknik Informatika ini telah menulis tiga novel sampai saat ini, berjudul Dilema, STPC:Swiss, dan I Love You, But I Can't Tell You. Novel terakhirnya yang berjudul I love You, But I Can't Tell You baru saja terbit bulan ini (Juni 2015).

3. K.P. Januwarsi
Ehm..., Artebianz sudah kenal kan? Co-founder artebia ini juga seorang novelis lho. Bahkan jauh sebelum mendirikan artebia.com. Karya-karya yang pernah ditulisnya adalah Spicy Love, My Toilet Prince, dan Intertwine. Karya  terakhirnya ditulis beramai-ramai dengan kelompok penulisnya, FLOCK: Fei, Lia Indra Andriana, Orizuka, Clara Canceriana, dan K.P. Januwarsi.

Baca juga: Tentang Gaya Penceritaan Orizuka - Dari Manisnya Cinta Sang Pangeran Hingga Pahitnya Skripsi (I)

 

Kupas Tuntas "Novel Remaja dan Dunianya"

Acara yang berlangsung di Kaya Resto ini di pandu langsung oleh ketua GRI Surabaya, Nabila Azzahra Syahbani. Acara yang berlangsung selama 2 jam ini berjalan dengan sangat dinamis, banyak pertanyaan juga jawaban yang perlu kamu tahu kalau memang berniat menulis novel remaja.

temu penulis : novel remaja dan dunianya

Khusus untuk genre novel remaja, naskah seperti apa yang dicari penerbit?
Prisca: Naskah harus se