Majapahit Travel Fair 2016

01 May 2016    View : 725    By : Amidah Budi Utami


Saat ini wisata adalah salah satu hal yang paling digemari oleh orang Indonesia, terutama kawula mudanya. Mereka berlomba-lomba menjelajahi tempat-tempat eksotis, baik lokal maupun mancanegera. Pemerintah pusat maupun pemerintah daerah rupanya telah menyambut peluang tersebut dan berupaya untuk meningkatkan wisata lokal sebagai salah satu sumber pendapatan potensial daerah. Potensi wisata beberapa Kabupaten telah menunjukkan pertumbuhan yang luar biasa, contohnya Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Pacitan. Kabupaten Banyuwangi terkenal dengan Taman Nasional Baluran dan pantai-pantainya, sedangkan Kabupaten Pacitan yang dulu dikenal dengan tanahnya yang gersang sekarang terkenal dengan wisata 1001 goa dan pantai-pantainya. Selain dua kabupaten tersebut masih banyak daerah-daerah di Indonesia yang penyimpan potensi wisata, hanya saja belum sepenuhnya terekspos. Oleh karena itu, acara semacam Majapahit Travel Fair ini sangat diperlukankan untuk membantu mempromosikan wisata daerah kepada masyarakat lokal maupun internasional.


Mengenal Majapahit Travel Fair

Majapahit Travel Fair (MTF) adalah pameran wisata dan budaya yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Ini adalah acara yang tepat untuk mempromosikan potensi budaya dan pariwisata Jawa Timur pada khususnya dan Indonesia pada umumnya. Majapahit Travel Fair merupakan acara tahunan yang sudah dilaksanakan 17 kali dan selalu sukses besar.


Meriahnya Majapahit Travel Fair 2016

Majapahit Travel Fair 2016 diselenggarakan pada tanggal 14-17 April 2016, di Grand City, Surabaya. Tema dari Majapahit Travel Fair ke-17 ini adalah wisata bahari. Oleh karena itu, di acara kali ini MTF meng-highlight beberapa pantai eksotis Jawa Timur seperti Pulau Bawean Gresik, Gili Labak Sumenep, Teluk Hijau Banyuwangi, Pulau Sempu Malang, Pantai Papuma Jember, Pantai Banyu Tibo Pacitan, dan beberapa pantai lainnya.

Majapahit Travel Fair 2016 bertema wisata bahari(Tema Majapahit Travel Fair 2016 : Wisata Bahari)

Majapahit Travel Fair menyediakan stan-stan untuk tiap Kabupaten dan Kota di Jawa Timur, seperti Kota Surabaya, Kota Malang, Kab. Malang, Kab. Sidoarjo, Kab. Gresik, Kab. Mojokerto, Kab. Madiun, Kab. Pasuruan, Kab. Tulungagung dan masih banyak lagi. Selain daerah-daerah di Jawa Timur, hadir juga beberapa daerah  dari luar Jawa Timur, seperti Yogyakarta, Kalimantan Timur, Bali, Makasar, Bandung, dan masih ada beberapa lainnya. Pada kesempatan 4 hari pameran ini, para putra daerah juga menghadirkan makanan-makanan khas dan kerajinan asal daerah mereka.


Hal-Hal Manarik Di Majapahit Travel Fair 2016

1. Tempat yang Pas untuk Mengeksploari Wawasan Wisata Daerah dan Kearifan Lokal

Saya ingin bertanya, terutama kepada Artebianz yang tinggal di Surabaya dan sekitarnya. Daerah Jawa Timur mana saja yang pernah kamu kunjungi? Sudahkah menjelajah ke sudut-sudut provinsi ini? Pacitan misalnya? atau Sumenep? Atau Banyuwangi? Bagi yang belum, kamu cukup datang saja ke Majapahit Travel Fair untuk mengenal lebih dekat sudut-sudut Jawa Timur. Kamu akan menyadari betapa kaya dan indahnya sudut-sudut provinsi ini. Tiap stan dilengkapi dengan brosur-brosur yang menjelaskan potensi wisata masing-masing daerah. Di stan-stan tersebut kamu bisa bertemu dan ngobrol langsung dengan putra daerah yang siap menjawab apapun pertanyaanmu. Satu hal yang membuat saya senang adalah hampir 50% tempat-tempat wisata di Jawa Timur yang dipamerkan di Majapahit Travel Fair ini sudah pernah di liput di rubrik wisata Artebia. Beberapa tempat wisata lainnya sudah masuk wishing list kami.


2. Majapahit Travel Fair Menghadirkan WorkShop-Workshop menarik.

Beberapa workshop yang berkaitan dengan pariwisata diselenggrakan selama Majapahit Travel Fair berlangsung, diantaranya Talkshow Asosiasi Rafting, Workshop Startup Travel Agency, Taklshow Destinasi Penyelaman Jawa Timur, Tourism Seminar dan masih banyak lagi. Info selengkapnya tentang workshop ada di sini.


3. Tempat Belaja Barang-Barang Kerajinan dan Makanan Khas Daerah dengan Harga Murah.

Setiap wanita pasti punya sisi 'gila belanja', begitu juga saya saat mendapati pernak-pernik cantik yang hadir di Majapahit Travel Fair. Di sana saya bisa bertemu dengan benda-benda eksotis dari daerah. Saya menyukai kerajinan perhiasan perak dari Bali. Tahu sendiri bagaimana indahnya karya seni orang Bali. Tiada duanya memang. Ada juga kerajinan perhiasan batu-batuan dari Kalimantan Timur. Ada batik-batik dari berbagai daerah. Kabupaten Situbondo hadir dengan cemilan khasnya, Tape Singkong Bondowoso. Semuanya otentik dan dijual murah.

stan kerajinan perak dari Bali

4. Temukan Tempat wisata menarik yang benar-benar unik.

Di Majapahit Travel Fair ini kamu juga bisa menemukan beberapa referensi tempat wisata non-mainstream, contohnya wisata purbakala di desa sangiran atau Trowulan Ancient Sites Tour.


Majapahit Travel Fair Bisa Dikembangkan Lebih Menarik Lagi

Saya melihat beberapa hal yang masih kurang dalam pameran Majapahit Travel ini. Hal ini bisa dikembangkan di Majapahit Travel Fair ke depannya. Beberapa hal yang saya maksud adalah:

1. Beberapa stan terlihat kosong dan sepi. Hal ini memperlihatkan ketidaksiapan wakil daerah dalam mempresentasikan wisatanya.

2. Acara ini masih didominasi oleh pengunjung lokal, hampir tidak terlihat orang bule mengunjungi acara ini sehingga impresinya masih sangat kurang menurut saya.

3. Seharusnya wakil daerah juga mengedepankan kearifan lokal diluar potensi wisata alamnya. Saya pribadi sangat mengapresiasi putra Kalimantan Timur yang menghadirkan perhiasan dari batu-batuan dan putra Bali yang menghadirkan perhiasan dari perak. Harapan saya daerah-daerah lain mengikuti jejak mereka. Lebih baik lagi kalau kesempatan 4 hari tersebut bisa di manfaatkan untuk mengadakan kursus singkat, misalnya kursus singkat membatik. Saya rasa hal semacam ini bisa manarik wisatawan asing untuk menghadiri Majapahit Travel Fair ini.

Ini adalah kali pertama saya mengunjungi Majapahit Travel Fair. Mingingat bahwa acara ini sudah berlangsung selama lebih dari sepuluh tahun, saya percaya bahwa Pemerintah Provinsi Jawa Timur memiliki komitmen yang sangat kuat. Dan melihat perkembangan wisata lokal yang semakin maju, bisa jadi salah satunya karena Majapahit Travel Fair ini. Harapan saya semoga Majapahit Travel Fair tetap terus digelar di tahun-tahun selanjutnya dengan kualitas yang semakin baik. Info selengkapnya tentang Majapahit Travel Fair bisa dilihat di website resminya www.majapahittravelfair.com. Sampai jumpa di Majapahit Travel Fair Tahun Depan.




Amidah Budi Utami

Amidah Budi Utami adalah seorang perempuan yang bekerja di bidang IT dan menyukai seni, sastra, fotografi, dan jalan-jalan.

Profil Selengkapnya >>

Liputan Lainnya

Tulis Komentar
comments powered by Disqus





KATEGORI :




ARTIKEL PILIHAN :




Cinderella dan Wanita Masa Kini: Sebuah Dekonstruksi Dongeng


Nicoline Patricia Malina: Fotografer Cantik Muda Berbakat


The Giving Tree: Cinta Adalah Bahasa Universal


The Imitation Game - Menginspirasi Banyak Orang Tentang Makna Perbedaan




Goyang Kaki Dan Goyang Lidah Di Lontong Kikil Bu Dahlia


Coffee Bean & Tea Leaf Surabaya Town Square


Peneleh, Daerah Penuh Pesona dan Sejarah: Peneleh Gang VII


Wawancara Dengan Cindy Owada: Mengenal Lebih Dekat WTF Market Dan Brand Lokal Indonesia


Sebuah Wajah, Sebuah Rasa (Bagian Enam)


Angel's Smile


Menjelang Telah Tiba Datang