Kober Mie Setan, Gresik Kota Baru

10 Mar 2015    View : 20412    By : Amidah Budi Utami


Kedai Kober Mie Setan ini adalah salah satu tempat makan favorit saya saat mudik ke Gresik. Sebenarnya ada cabang yang berlokasi di Surabaya, namun saya belum sempat menyambangi karena lokasinya yang relatif jauh dari tempat tinggal. Lagi pula cabang di Gresik Kota Baru memiliki nilai historikal sendiri bagi saya karena dulu saya "and the gank" sering nongkrong di kedai ini. Saat itu kami masih berstatus mahasiswa. Dan benar saja, sejak saat itu (kira-kira tahun 2012-an) sampai sekarang saya susah move on dari kedai ini.

Suasana Kober Mie Setan

Kedai yang berdesain minimalis ini selalu ramai oleh pengunjung. Area parkirnya selalu penuh. Meja kasirnya selalu dihiasi antrian panjang. Beberapa pelayan yang wira-wiri membawa pesanan sambil sesekali memanggil nama pengunjung kedai. Meja-meja hampir selalu dipenuhi pengunjung. Sebenarnya susananya terlalu bising untuk ukuran saya yang menyukai ketenangan namun masih dalam taraf bisa ditoleransi. Buktinya saya masih terus datang ke kedai ini.

Kober Mie Setan Gresik Kota Baru terdiri dari dua lantai. Lantai bawah diisi oleh meja kasir, dapur terbuka dan meja pelanggan, sedangkan lantai atas khusus untuk meja pelanggan. Saya pribadi lebih menyukai lantai atas karena cenderung lebih tenang, enak untuk ngobrol, dan bisa melihat aktifitas koki di dapur. Jika Artebianz datang di sekitar jam 4 sore sampai 5 sore, Artebianz bisa menikmati sunset dari lantai atas ini.

suasana ruang atas kober mie setan gresik(suasana lantai atas Kober Mie Setan Gresik)


Sesuai dengan konsep minimalisnya, di kedai ini hampir tidak ada dekorasi apapun. Keber Mie Setan mengandalkan furnitur meja kursi kayu dan penataan lampu untuk memberi kesan santai dan nyaman. Dan tidak lupa ruangan yang di jaga kebersihannya.

suasana dapur kober mie setan(suasana dapur kober mie setan gresik dilihat dari lantai atas)

Menu Kober Mie Setan

Daya tarik terbesar dari kedai Mie ini adalah menu makanannya. Kober Mie Setan memang layak digilai oleh masyarakat Indonesia yang cenderung menyukai masakan pedas, terlebih kaum mudanya. Menaklukkan level-level tertentu merupakan kepuasan tersendiri bagi mereka yang menyukai tantangan. Hemm, kedengaran seperti main game saja!

Kober Mie Setan menyediakan menu Mie Setan Angel (tanpa cabe), Level 1 Cabe 12, level 2 cabe 25, level 3 cabe 35, level 4 cabe 45, level 5 cabe 60. Mengerikan ya, Artebianz? Makanya dinamakan mi setan. Saya termasuk penyuka makanan pedas, tapi masih cukup waras untuk menyadari ambang batas pedas yang bisa ditoleransi lidah dan mulut saya.  Saya hanya mentok di level 1, tidak pernah lebih dari itu. Kadang-kadang saya memesan Mie Setan dengan 3 atau 5 cabe saja tidak memperdulikan aturan level yang berlaku.

menu kober mie setan(menu kober mie setan gresik)

Di luar level-level gilanya, saya pada dasarnya menyukai mie-nya. Saya menyukai rasa, tekstur dan penyajiannya. Kober Mie Setan dimasak dengan cara direbus lalu dititiskan, kemudian dicampur dengan cabe cincang, bumbu, daging giling, dan minyak penyedap. Mie ini disajikan bersama siomay, sosis, dan pangsit. Yang jelas sensasi makan mei setan jauh berbeda dengan sensasi makan mie instan. Satu hal lagi yang membuat saya tidak segan-segan menyambangi tempat ini adalah harganya yang terjangkau. Satu porsi mie setan dibandrol 8ribu 5ratus rupiah. Sangat cocok untuk dompet anak muda.

kober mie setan(mi setan favorit, saya pesan jumlah cabe 5 biji saja)

Kober Mie Setan juga menyediakan menu minuman dengan nama unik, sebut saja Es Gendruwo, Es Pocong, Es Tuyul, Es Kuntilanak, dan Es Sundel Bolong. Pada kesempatan sore yang indah itu, saya memesan Es Gendruwo untuk saya sendiri dan es Tuyul untuk keponakan saya, kami datang berdua. Pada dasarnya Es Gendruwo dan Es tuyul hampir sama hanya beda ukuran, mirip es buah atau es nona yang biasa saya beli. Es Gendruwo/Es Tuyul terdiri dari racikan es, sirup, susu, buah-buahan seperti kiwi, belimbing, pir, serta jeli yang berbentuk bulat seperti kelereng dan panjang seperti cendol. Rasanya seger! Es Gendruwo dibandrol 9ribu rupiah sedangkan Es Tuyul dibandrol 6ribu rupiah.

es gendruwo yang seger!(es gendruwo, seger!)

Lokasi Dan Jam Buka Kober Mie Setan Gresik

Kober Mie Setan Gresik menempati sebuah rumah yang disulap menjadi kedai di Jalan Sulawesi no. 2, Gresik Kota Baru, sebuah perumahan kalangan menengah ke atas di Kota Gresik. Perumahan ini adalah perumahan yang paling ramai dengan distro dan kedai makanan. Jalanannya selalu ramai terutama di malam Minggu. Bagi Artebianz yang bertempat tinggal di Gresik, pastinya tidak kesulitan untuk menemukan kedai Kober Mie Setan ini. Kedai Kober Mie Setan buka setiap hari dari jam 15.00 sampai dengan jam 23.00.

lokasi kober mie setan : jalan sulawesi no. 2 gresik kota baru(peta lokasi kober mie setan : jalan sulawesi no. 2, Gresik Kota Baru)

 

Yang Asyik dari Kober Mie Setan

Nomer satu adalah mi-nya sendiri. Mungkin bagi sebagian orang, yang paling asyik adalah cita rasa pedasnya. Nomer dua adalah harganya yang relatif murah, walaupun memang porsinya lebih sedikit dari kedai-kedai lainnya. Namun pas untuk perut saya. Selain dua hal tadi, saya juga merasa nyaman dengan tempatnya.

sensasi makan kober mie setan(keponakan saya memesan mie angel - tanpa cabe, langsung habis dalam waktu kurang dari 5 menit)

Yang Kurang Asyik dari Kober Mie Setan

Pertama, saya kurang nyaman dengan pengunjungnya yang selalu ramai. Namun tidak terlalu masalah selama saya masih kebagian tempat duduk. Kedua, mengenai jam buka yang hanya dari sore sampai malam. Pernah saya ke sana bersama seorang teman untuk makan siang dan ternyata masih tutup.

Akhir Kata Untuk Kober Mie Setan

Kober Mie Setan masih menjadi tempat makan paling favorit di Gresik. Bagi Artebianz yang menyukai makanan pedas wajib mencobanya. Selain di Gresik, Kober Mie Setan juga membuka cabang di Sulfat Malang, Jalan Bromo 1A Malang, Jalan Sukaro Hatta Malang, Jalan Merapi Malang, Jalan Kaca Piring Surabaya, Bedugul 37A Bali, dan Jalan Karimata 67 Jember. Segera temukan kedai terdekat Artebianz.  

 

Alamat : Jalan Sulawesi No.2 - Gresik Kota Baru
Jam Buka : 15.00 sd 23.00
Harga Makanan: Rp. 8.500
Harga Minuman: Rp. 6.000 sd Rp. 9.000

***

 

Tempat makan asyik lainnya:




Amidah Budi Utami

Amidah Budi Utami adalah seorang perempuan yang bekerja di bidang IT dan menyukai seni, sastra, fotografi, dan jalan-jalan.

Profil Selengkapnya >>

Makan Lainnya

Tulis Komentar
comments powered by Disqus





KATEGORI :




ARTIKEL PILIHAN :




Mengajar Itu Layaknya Orang Yang Ingin Membina Hubungan, Butuh Proses PDKT


Dimas-Lissa: Pudarkan Kapitalisasi Pendidikan Lewat Sekolah Gratis Ngelmu Pring


Tango - Surealisme Hubungan Wanita-Pria dan Diri


Maleficent - Dekonstruksi Cinta Sejati dan Dongeng Putri Tidur


Happy - Mocca Band (Dinyanyikan Ulang Oleh Aldin)


Bubur Turki Kayseri: Bubur Ayam Versi Spicey


Taman Patung Kuda Gunung Sari - Taman Segala Usia


Wisata Madiun Bersama Keluarga


Goodreads Indonesia Regional Surabaya: Novel Remaja Dan Dunianya


Sebuah Wajah, Sebuah Rasa (Bagian Empat)


Kabut Rindu


Sajak Malam Dingin