Kue Cubit Surabaya - Cubit Gigit Legit

01 Apr 2015    View : 14634    By : Nadia Sabila


 

Kue Cubit adalah salah satu jenis jajanan pasar yang berasal dari Bandung, namun sumber lain ada yang mengatakan bahwa kue cubit berasal dari Jakarta. Tentang mengapa namanya "kue cubit" pun ada beberapa versi; ada yang bilang karena bentuknya yang imut sekali lahap dan ada pula yang menduga karena cara mengambil kue saat matang dari loyangnya menggunakan penjepit seperti orang mencubit. Dari mana pun asalnya, kue ini sukses membuat saya penasaran beberapa waktu belakangan ini.

Baca juga: Ajibnya Bubur Kacang Hijau Ciliwung

kue_cubit_1kue cubit setengah matang (gambar: daily moslem)

Awal mula saya mengetahui kue ini adalah dari kicauan Twitter Raditya Dika beberapa tahun sebelum artikel ini saya tulis. Saat itu, Radit berkicau bahwa ia sedang ingin makan kue cubit dan kue tete. Sayangnya, Radit tidak meng-upload gambar kuenya. Sehingga, saya pun sebatas mengetahui saja tanpa berminat menggali info lebih jauh.

Nah, selang beberapa tahun setelah membaca kicauan sang komedian tersebut, memori saya tentang kue cubit tergali kembali, gegara postingan seorang kawan di media sosial Path. Kawan saya tersebut sedang berada di Bandung, dan dia mem-posting foto kue cubit setengah matang, di mana permukaan kue serupa pukis mini itu masih meleleh bertabur sejumput meses. Waah, seketika terbayang rasa manis legit lumer di lidah. Tak menyangka kalau kue cubit terlihat begitu menggoda.