Mojok dan Makan Mi di Pojok II, Perak, Jombang

26 Jun 2015    View : 4914    By : Niratisaya


Sebagai seorang yang terkadang menyambangi beberapa kota secara konstan, nggak ada yang lebih menyenangkan dibanding mengenal dan memiliki langganan restoran/kedai/rumah makan di rute yang sering dilewati. Dan bagi saya, salah satu tempat itu adalah Pojok II yang ada di Perak, Jombang.

Pojok II

Layaknya kebanyakan rumah makan di pinggir jalan besar, Pojok II mengutamakan menu yang sederhana dan cenderung akrab di lidah. Jadilah, kebanyakan menu yang bakal Artebianz jumpai di Rumah Makan Pojok II adalah masakan rumahan. Seperti rawon, soto, sayur asem, kari, dan lain-lain.

Baca juga: Nikmatnya Sop Buntut di "Depot Nikmat", Mojowarno, Jombang

Rawon ala Pojok II

Tapi, selain masakan rumahan, Pojok II juga menyajikan menu ala pedagang kaki lima. Seperti gado-gado, pecel, nasi goreng, mi goreng, dan lain-lain.

Sebagai rumah makan di jalan besar, yang lebih sering dilewati oleh truk dan bis, tentu saja Pojok II nggak mengutamakan atmosfer atau dekorasi indah. Sebaliknya, rumah makan di daerah Perak ini memfokuskan diri pada kelengkapan fasilitas dan variasi makanan.

 

 

Makan Asyik di Pojok II Perak, Jombang

Setelah beberapa kali sempat menyambangi Rumah Makan Pojok II, saya menobatkan mi goreng Pojok II sebagai favorit saya.

Sebelum menyantap mi goreng khas Pojok II, saya sempat mencicipi beberapa menu lainnya. Antara lain sayur bali dan rawon. Sementara dua menu terakhir lebih condong ke selera masyarakat Jawa Tengah, mi goreng Pojok II cukup kuat dalam bumbu. Selain itu, saya menyukai tekstur potongan-potongan ayam yang chewy tapi nggak terlalu keras.

Hanya saja, untuk acar menurut saya Pojok II masih kurang berani dalam bermain bumbu.

Saya paling menyukai acar yang tangy dan terasa cuka serta bawang merahnya. Tapi selebihnya, saya cukup puas dengan mi goreng khas Pojok II.

Untuk minuman, saya merekomendasikan es dawet alias cendol Pojok II yang haujek! Nggak terlalu manis juga nggak dicampuri pemanis. Sudah lulus uji kelayakan lidah dan rasa pokoknya, Artebianz Laughing

Baca juga: Soto Khas Lamongan di Pandean, Ngoro

 

Fasilitas Pojok II Perak, Jombang

Sebagai rumah makan di dekat jalan yang menghubungkan dua kota, Pojok II menyediakan fasilitas umum yang lumayan lengkap. Mulai dari lahan parkir yang luas, toilet umum yang bersih—dan bukan dua atau unisex, sampai masjid.

Menu Pojok II

Menu Pojok II

Sebenarnya masjid ini nggak berada di dalam Rumah Makan Pojok II. Tapi karena bersebelahan dan Pojok II memiliki jalan setapak yang terhubung dengan masjid, saya menganggap pengurus masjid dan pemilik Rumah Makan Pojok II bekerja sama untuk memberi kemudahan serta kenyamanan pada pelanggan, khususnya umat Muslim.

Ikan Lele Raksasa di Pojok II(Lele raksasa di kolam yang ada di depan toilet Pojok II)

Untuk sejarah nama Rumah Makan Pojok II saya tidak tahu pasti. Pun, dari paman yang mengenalkan rumah makan ini saya tidak mendapatkan banyak informasi. Tapi kemungkinan besar nama Pojok II ada karena rumah makan ini adalah cabang dari rumah makan lain bernama Pojok I. Apakah Rumah Makan Pojok I juga berada di pojok/tikungan jalan? Entah. Saya belum pernah mampir ke sana. Nanti deh, kalau saya berhasil menemukan Pojok I dan mampir ke sana, saya bakal update infonya buat Artebianz Smile

Nah, kalau Artebianz kebetulan lewat di Jalan Perak, Jombang, menuju Kertosono, boleh deh icip-icip masakan rumahan di Pojok II. Daripada bingung cari makan.

Pojok II

 

Alamat Pojok II:

Ds. Glagahan, Kec. Perak, Kab. Jombang

Jl. Raya Jombang-Kertosono Km. 7

0321-862475




Niratisaya

Niratisaya a.k.a Kuntari P. Januwarsi (KP Januwarsi) adalah CEO Artebia yang juga seorang penulis, editor, dan penerjemah.

Profil Selengkapnya >>

Makan Lainnya

Tulis Komentar
comments powered by Disqus





KATEGORI :




ARTIKEL PILIHAN :




Stigma dan Tradisi: Laki-laki, Perempuan... Mana yang Lebih Baik?


Figur: Lia Indra Andriana - Dari Seorang Calon Dokter Gigi Menjadi Salah Satu Penerbit Berpengaruh


Park Hee Jung's Cat and Dog - Komik tentang Anjing dan Kucing


Billionaire a.k.a Top Secret: Kisah Sukses Seorang Pengusaha Muda


Reason - Eva Celia: Sebuah Penemuan Jati Diri


Rujak Cingur Ala Bu Dah


Gujo Cafe Surabaya: Cangkrukan Enak Bernuansa Tradisional-Modern


Misteri serta Sejarah Jatimulyo dan Mojolangu, Malang (Bag. 1)


POPCON Asia Surabaya: City of Superheroes


Sebuah Wajah, Sebuah Rasa (Bagian Lima)


Cheongsam Bunga Teratai Mei Lien


Halusinasi