Jeju Ice Cream: Es Krim Unik Rendah Lemak

26 Sep 2015    View : 7036    By : Nadia Sabila


Jeju Ice Cream menjadi salah satu makanan yang sedang hits baru-baru ini. Bagi Artebianz yang menggemari K-Drama atau K-Pop mungkin sudah lama tahu ya tentang Jeju. Bentuk cone atau contong Jeju Ice Cream yang menyerupai huruf J memang menjadi ciri khas es krim unik yang namanya diambil dari nama sebuah pulau di Korea Selatan.

Awalnya, saya mengetahui kemunculan Jeju Ice Cream ini dari postingan media sosial salah satu teman saya yang berdomisili di Jakarta. Ia mengunggah foto bersama istrinya sambil memegang sebuah es krim bercontong kuning berbentuk huruf J. Uniknya bentuk Jeju Ice Cream tersebut memang mencolok perhatian.

jeju_ice_creamJeju Ice Cream

Lama kelamaan, makin banyak teman-teman saya yang mengunggah foto bersama es krim Jeju tersebut. Wah, tampaknya es krim yang satu ini memang sedang naik daun rupanya. Penasaran juga sih, tapi apakah di Surabaya ada ya?

Baca Juga: Cubit, Gigit, Legit - Kue Cubit Surabaya

 

Jeju Ice Cream Di Surabaya

Ternyata ada! Yakni di foodcourt Tunjungan Plaza (TP) Surabaya lantai 5. Tepatnya, di foodcourt yang pas bersisian dengan bioskop XXI Tunjungan Plaza. Gerai Jeju Ice Cream Surabaya di TP ini cukup mencolok. Berposisi di lini depan dekat pintu masuk, dekorasinya saja sudah sangat eye-catching dan membuat orang penasaran karena ada cone eskrim spiral melingkar-lingkar yang digantung di atas etalasenya.

hiasan_display_jeju_ice_creamHiasan display Jeju Ice Cream

Jeju Ice Cream Surabaya ini baru berdiri rupanya, karena waktu saya ke TP bulan lalu, stand Jeju Ice Cream belum ada. Tak berpikir panjang, saya pun membeli satu porsi Jeju Ice Cream di situ.

 

Jeju Ice Cream: Bentuk Dan Rasa

Pertama, Jeju Ice Cream di sini ada tiga rasa, antara lain cokelat, vanila, dan blueberry. Tapi saat saya membeli, stok es krim yang blueberry sedang kosong. Akhirnya saya pun memesan es krim yang rasa cokelat. Akan tetapi, sebelum mengiyakan pesanan saya, sang pramusaji menawarkan bahwa saya bisa memilih dua rasa dalam satu cone J. Wah, menarik nih! Tentu saja saya pilih yang dua rasa, vanila dan cokelat.

Kemudian, saya harus memilih ingin pakai topping apa untuk eskrimnya. Topping Jeju Ice Cream yang tersedia ada topping koko crunch, honey stars, corn flakes, flix, dan variasi sereal warna-warni lainnya. Sebetulnya ada juga Jeju Ice Cream dengan topping mesis, tapi Jeju Ice Cream Surabaya tidak menyediakan dengan alasan khawatir mesisnya akan mengotori lantai.

toping_jeju_es_krimTopping jeju es krim

Akhirnya, saya memutuskan untuk memilih topping Koko Crunch dan sereal warna-warni. Jadi, Jeju Ice Cream yang saya pesan adalah Jeju Ice Cream Cokelat-Vanilla dengan topping Koko Crunch. Taraa, jadi bentuknya seperti ini:

jeju_ice_cream_2Jeju Ice Cream Surabaya, photo by: Artebia

Lucu ya? Di satu ujung es krim cokelat, di ujung yang lain es krim vanilla. Koko Crunch-nya dijadikan sepasang telinga, matanya terbuat dari choco-cips, dan mulutnya yang melongo terbuat dari keping sereal warna-warni. Ujung lancip eskrim menjadi seperti jambul rambut. Jadi agak sayang memakannya karena bentuknya terlalu unyu. Hihihi..

Tapi kemudian, tess! Setetes lelehan es krim menetes di tangan saya yang sibuk memotret Jeju Ice Cream unyu itu. Baiklah, mari kita seruput. Hmm, rasanya es krimnya ternyata tidak terlalu creamy seperti es krim pada umumnya, bisa dibilang, Jeju Ice Cream ini lebih encer dibandingkan dengan es krim lain. Manisnya pun tidak terlalu, lelehan es krim di tangan saya tadi bahkan terasa tak terlalu pliket.


Cone Jeju Ice Cream berbentuk J ini terbuat dari jagung dan masih sangat terasa rasa jagungnya. Sedangkan cone spiral yang digantung di-display ternyata hanya aksesori saja. Teksturnya lebih tebal dibandingkan dengan cone ice cream biasa tapi tetap renyah dan gurih. Rasa cone ini mengingatkan saya pada salah satu merek snack rasa jagung di masa kecil saya dulu. Sensasi yang paling mengasyikkan bagi saya dalam menikmati jeju ice cream ini adalah ketika gigitan sudah sampai di perbatasan dua rasa cokelat dan vanila. Dua rasa tersebut berpadu dengan rasa jagung krispi menjadi rasa yang manis-gurih-dingin, hehehe. Satu porsi Jeju Ice Cream dihargai Rp20.000,00.

Baca juga: Ajibnya Bubur Kacang Hijau Ciliwung

 

Es Krim Enak, Rendah Lemak

Usut punya usut, Jeju Ice Cream memang es krim yang sengaja dibuat untuk konsep es krim sehat karena rendah gula dan rendah lemak makanya tadi saya katakan bahwa es krim ini tidak terlalu creamy.

Ide penjualan Jeju Ice Cream Indonesia berawal dari sekelompok anak muda yang berjalan-jalan ke Pulau Jeju di Korea Selatan, dimana saat itu, mereka mengunjungi sebuah kedai eskrim yang sangat populer di sana. Menurut wawancara Marisa Halim, Marketing Director Jeju Ice Cream yang ditulis di situs Andrie Wongso, Jeju Ice Cream memang dibuat dengan konsep rendah gula dan rendah lemak agar lebih aman dikonsumsi oleh anak-anak agar tak merusak gigi dan tak khawatir gemuk bagi konsumen dewasa.

jeju_ice_cream_1
Huruf J yang dipakai sebagai bentuk cone ini, menurut Marisa, sebenarnya berasal dari inisial Jipangyi, nama kedai eskrim populer saat mereka di Korea Selatan tersebut. Kemudian, ketika tercetus untuk membuka gerai es krim serupa di Indonesia, pemilik Jeju Ice Cream pun berpikir untuk memakai brand Jeju saja agar tidak sama dengan Jipangyi, namun masih bisa menggunakan huruf J dan masih terdengar sangat "Korea".

Bagaimana Artebianz? Berminat mencoba eskrimnya atau berminat membuka kedai es krim rendah lemak dengan cone berinisial nama Artebianz sendiri? Sama-sama enak kok!

Baca juga: La Ricchi - Gelato Kaya Rasa di Surabaya




Nadia Sabila

Nadia Sabila adalah seorang jurnalis yang menggandrungi travelling dan makanan pedas.

Profil Selengkapnya >>

Makan Lainnya

Tulis Komentar
comments powered by Disqus





KATEGORI :




ARTIKEL PILIHAN :




Stigma dan Tradisi: Laki-laki, Perempuan... Mana yang Lebih Baik?


Dimas-Lissa: Pudarkan Kapitalisasi Pendidikan Lewat Sekolah Gratis Ngelmu Pring


#GIRLBOSS - Bagaimana Menjadi Bos (Cewek) yang Nggak Ngowos


Orange Marmalade: Saat Cinta Tidak Memandang Dunia (2015)


Sugar - Maroon 5: Kejutan Manis Di Pesta Pernikahan


Wakul Suroboyo - Berwisata Kuliner Khas Surabaya di Satu Tempat


my Kopi-O! Salah Satu Spot Nongkrong dan Ngobrol Asyik


Coban Jahe: Wisata Alam Untuk Mengisi Liburan Singkat


Jazz Gunung 2015 - Indahnya Jazz Merdunya Gunung


Sebuah Wajah, Sebuah Rasa (Bagian Lima)


Balada Sebuah Perut


Satu Kali Seminggu