Heerlijk Gelato

12 Feb 2015    View : 8465    By : Amidah Budi Utami


Halo Artebianz, saya baru saja menemukan satu lagi tempat nongkrong asyik di Surabaya. Bagi saya tempat ini amazing! Selama ini Oost koffie & Thee masih menjadi tempat nongkrong terfavorit. Namun setelah saya mengunjungi Heerlijk Gelato, saya harus merelakan hati terbelah dua. Apa yang membuat café Gelato ini spesial? Selengkapnya akan saya bahas di artikel ini.

Suasana Heerlijk Gelato

Heerlijk Gelato bertempat di salah satu sudut Perpustakaan Bank indonesia. Sebuah bangunan yang sudah pasti saya sukai karena arsitektur kunonya. Gedung ini berarsitektur campuran Belanda, Hindu serta Jawa. Konon, di awal abad 20, gedung ini adalah rumah terbaik dan termegah di Surabaya. Dari luar saya sempat menafsir berapakah luas bagian dalam gedung ini? Ternyata luasnya 4.140 meter persegi. Wow!

salah satu sudut ruang dalam heerlijk galeto(sofa vintage di salah satu sudut ruang dalam heerlijk gelato)


Dari gedung yang luas itu, Heerlijk Gelato hanya menempati sebuah ruangan kecil dan beranda sayap kanan bangunan. Ruangan itu diisi oleh sebuah meja kasir, mini bar untuk memesan makanan, serta tiga buah meja besar dan sedang untuk para pelanggan.  Di beberapa sudut ruangan terdapat benda-benda kuno tahun 60-an, seperti alat pemutar piringan hitam, mesin kasir kuno, serta pesawat telepon klasik. Sebenarnya saya sudah kepingin menempati salah satu meja di ruangan dalam (indoor area) karena suasana vintage-nya. Akhirnya saya mengurungkan niat karena ukuran meja yang terlalu besar yang dikelilingi oleh sekitar 6 kursi, sedangkan kami hanya datang berdua. Setelah memesan makanan dan minuman kami melipir ke luar ruangan untuk mencari meja yang lebih cocok untuk berdua.

suasana alam yang coba dihadirkan di heerlijk galeto(suasana alam yang coba dihadirkan di Heerlijk Gelato)


Suasana di ruang terbuka ternyata lebih nyaman. Tidak seperti café outdoor yang terasa panas di siang hari karena cuaca Surabaya yang kelewat ekstrem, Heerlijk Gelato terasa sejuk walau tanpa kipas angin atau AC. Hal ini karena terdapat sebuah taman mengelilingi bangunan yang ditumbuhi pohon-pohon tinggi. Sungguh melegakan Artebianz! Kelebihan lain dari ruang terbuka ini adalah para pengunjung punya jarak pandang luas karena selain dikelilingi oleh taman hijau juga posisi bangunan lebih tinggi sekitar satu meter dibandingkan taman.

suasana ruang luar heerlijk galeto(suasana ruang luar Heerlijk Gelato)


Di luar keberuntungan Heerlijk Gelato yang memperoleh lokasi surgawi, saya menyukai meja dan kursi kayu yang mendominasi Heerlijk. Hal ini memperkuat nuansa natural Heerlijk Gelato.

Pada dasarnya saya menyukai alam dan seni. Heerlijk Gelato menghadirkan dua unsur tersebut melalui taman, arsitektur gedung, serta perabotnya.

 

Menu Heerjik Gelato

Menu yang disajikan terdiri dari makanan, minuman, dan gelato. Harga masing-masing menu relatif standar jika dibandingkan dengan café lain.

Minuman : 5.000 - 18.000 Rupiah
Makanan : 11.000 - 30.000 Rupiah
Gelato : 8.000 - 23.000 Rupiah

Siang itu saya memutuskan untuk memesan kopi Americano. Sebenarnya saya bingung saat memilih minuman. Biasanya saya terjebak di pilihan Cappucino atau Moccacino yang saya anggap pilihan paling aman. Saya penyuka kopi tapi masih enggan dengan kopi berwarna hitam dan pahit. Entah angin apa yang membawa saya memilih Americano. Teman saya, Mbak Tari, memesan Bello Pizza dan Double Header Gelato.

menu yang tersedia di heerlijk galeto(menu yang kami pesan di Heerlijk Gelato)


Kopi Americano

Americano adalah minuman kopi hitam yang disajikan bersanding dengan gula cair dan tanpa krimer. Saya tidak ragu-ragu untuk menuangkan gula cair ke dalam kopi hitam saya. Rasa kopi murni sangat mendominasi. Rasanya tidak terlalu menakutkan (baca: pahit) seperti yang saya kira.

americano ala heerlijk galeto(americano ala Heerlijk Gelato)

Double Header Gelato

Mbak Tari memilih kombinasi Buble Gum dan Oreo untuk Double Header Gelato-nya. Rasa susu mendominasi es krim yang bertekstur lembut di lidah. Topping-nya terbuat dari susu skim yang cenderung hambar. Sebaiknya es krim dan topping dimakan bersamaan karena akan menciptakan kombinasi rasa yang pas.

Double Header ala Heerlijk Galeto(Double Header ala Heerlijk Gelato)

Bello Pizza

Menu ini direkomendasikan langsung oleh salah satu karyawan Heerlijk Gelato. Adonan rotinya tipis dan agak alot saat digigit. Toppingnya terdiri dari paprika merah, paprika hijau, bawang bombay, daging ham, keju, dan saus tomat. Bello Pizza memiliki kombinasi rasa yang pas dengan selera lidah Indonesia.

Bello Pizza ala Heerlijk Galeto(Bello Pizza ala Heerlijk Gelato)



Lokasi Heerlijk Gelato

Heerlijk Gelato berlokasi di tengah kota Surabaya, berhadapan dengan Kebun Binatang Surabaya. Heerlijk Gelato diapit oleh dua jalan raya yaitu Jalan Raya Diponegoro dan Jalan Raya Darmo. Namun secara de jure Heerlijk Gelato beralamat di Jalan Taman Mayangkara No. 6 Surabaya. Bangunan ini memiliki tiga pintu masuk yaitu sebelah barat menghadap Jalan Raya Diponegoro, sebelah selatan menghadap taman, dan sebelah timur menghadap Jalan Raya Darmo. Lokasinya yang strategis memungkinkan Heerlijk Gelato dikunjungi warga dari berbagai penjuru Surabaya.

peta lokasi Heerlijk Galeto(peta lokasi Heerlijk Gelato)

Asyiknya Heerlijk Gelato

Hal paling asyik dari Heerlijk Gelato adalah suasana yang nyaman dan sejuk. Saya juga menyukai menu makanannya terutama Bello Pizza-nya. Ditambah lagi ada colokan listrik di setiap meja dan wifi gratis. Sayangnya, pada saat itu saya tidak membawa laptop. Saya yakin betah berada di sini seharian penuh untuk sekedar menulis artikel atau mengerjakan teknikal website (ngoding) dengan fasilitas colokan listrik dan wifi yang disediakan Heerjik Gelato. Satu hal lagi yang asyik dari Heerlijk Gelato adalah lokasinya yang strategis yang tidak terlalu jauh dari tempat tinggal saya.

Kurang Asyiknya Heerlijk Gelato

Saya sedikit kecewa dengan pelayanan di café ini. Pengunjung harus ke mini bar untuk memesan menu dan hanya ada satu buku menu (sudah kucel) di sana. Hal ini membuat saya kurang nyaman karena harus terburu-buru memilih menu jika ada pengunjung lain yang ingin memesan makanan atau minuman. Pelayanan juga kurang ramah dan kurang senyum. Saya juga agak terganggu dengan kemunculan seorang pria yang saya curugai sebagai manager café. Dia wira-wiri terus di cafe dengan wajah tanpa senyum. Satu lagi keluhan saya mengenai lamanya waktu yang diperlukan untuk menghadirkan sepiring pizza di meja kami. Tetapi pada akhirnya saya memaafkan karena rasa pizza yang lezat sebanding dengan lamanya waktu produksi yang dibutuhkan.

Akhir Kata tentang Heerjik Gelato

Heerlijk Gelato sangat saya rekomendasikan kepada Artebianz yang menyukai suasana alam terbuka. Heerlijk Gelato juga saya rekomendasikan kepada Artebianz yang mendambakan tempat hang out damai jauh dari hiruk-pikuk mal.

 

 

Tempat nongkrong asyik lainnya:


Tag :


Amidah Budi Utami

Amidah Budi Utami adalah seorang perempuan yang bekerja di bidang IT dan menyukai seni, sastra, fotografi, dan jalan-jalan.

Profil Selengkapnya >>

Nongkrong Lainnya

Tulis Komentar
comments powered by Disqus





KATEGORI :




ARTIKEL PILIHAN :




Traveling: Mimpi, Destinasi, Tujuan, Makna


Bicara Tentang Orizuka - Menulis Adalah Passion, Bukan Occupation


Dear Nathan, The Annoying Boy


Orange Marmalade: Saat Cinta Tidak Memandang Dunia (2015)


HiVi - Siapkah Kau Tuk Jatuh Cinta Lagi


Goyang Kaki Dan Goyang Lidah Di Lontong Kikil Bu Dahlia


Kopi Luwak - Nongkrong Aman Sambil Berbagi Kopi dan Gelak


Gedung De Javasche Bank Surabaya - Saksi Sejarah Panjang Perbankan Indonesia


Literasi Desember: Festival Literasi Akbar Bersama Literaturia


Sebuah Wajah, Sebuah Rasa (Bagian Kedua)


Tiga Puluh Tahunan (Part 2 - End)


Satu Kali Seminggu