7 Mal Dan Tempat Nongkrong Dengan Toilet Asyik Di Surabaya

08 Oct 2016    View : 1464    By : Nadia Sabila


Nongkrong asyik Artebia kali ini lokasinya tidak aneh-aneh, bahkan sudah biasa. Apa? Yup! Mal. Tapi bukan cafe atau restorannya yang dibahas, melainkan TOILET-nya. Keberadaan dan kebersihan toilet di mal seringkali luput dari perhatian para reviewer. Padahal toilet sangat penting dan cukup menunjang kenyamanan nongkrong asyik kita di sana.

Berawal dari pengalaman pribadi saya yang tidak mengenakkan di sebuah mal Surabaya, di mana saat membuka penutup WC duduk, saya 'disuguhi' dengan "kue kuning" yang entah belum hanyut tersiram atau memang tidak disiram—atau ada kerusakan dalam sistem sedot limbahnya.

Masalah sepele bukan? Namun tak bisa dipungkiri bahwa hal itu menjijikkan! Dan untuk yang sebagian orang, mood bisa berantakan seharian jika mengalami kejadian semacam ini sebelum acara nongkrong cantik dimulai. Oleh karena itu, saya merasa perlu memberikan review tentang kebersihan toilet dengan sistem sedot limbah yang baik di mal dan tempat nongkrong asyik di Surabaya.

 

 

1. Supermall Pakuwon Trade Centre (PTC)

Mal ini saya sebut pertama kali karena menjadi tempat yang paling sering saya kunjungi. Pada dasarnya kebersihan toilet PTC Mall Surabaya cukup bagus. Musolanya juga bisa diapresiasi karena kenyamanan dan kebersihannya. Toilet dan musola tersedia di setiap lantai yang terletak di ujung bagian barat dan timur. Di samping itu, petugas kebersihan toiletnya pun stand by dan tanggap, terutama untuk yang di lantai dasar.

ptc
Sayangnya, meski bersih, toilet di sini terkadang masih sedikit pesing. Mungkin karena kurangnya pewangi kamar mandi dan sistem sanitasi untuk pengguna toiletnya (untuk cebok) hanya menggunakan tisu, bukan wc shower. Saya termasuk wanita yang lebih senang membersihkan diri dari kotoran menggunakan air daripada hanya mengelap dengan tisu. Sistem sedot wc di PTC Surabaya tampaknya juga sering rusak, hampir selalu ada bilik toilet yang tidak bisa dipakai. Jadi, toilet di PTC Mall Surabaya ini belum menjadi toilet ternyaman untuk saya.

Kebersihan :  4/5
Kenyamanan :  3/5
Karcis toilet :  gratis
Alat sanitasi :  tisu toilet 
Musola :  4.5/5 

 

 

2. Spazio

Lokasi Spazio yang berseberangan dengan PTC juga menjadi salah satu tempat nongkrong asyik yang sering saya kunjungi. Meski berbentuk mal tapi bukan mal, Spazio adalah tempat nongkrong yang cukup populer di wilayah Surabaya Barat.

spazio
Bagaimana toiletnya? Cukup baik. Ada dua bagian toilet, pertama yang di luar mal, dekat dengan mushola dan toilet karyawan. Karena penggunanya yang tak terlalu banyak, toilet di bagian luar Spazio ini terbilang bersih dengan sistem sedot wc Spazio Surabaya yang sempurna. Sementara itu, untuk yang bagian dalam lebih bersih lagi, wangi—dan yang paling saya suka, alat sanitasinya adalah wc shower; cebok dengan di semprot air. Sayangnya, hanya ada tiga bilik untuk toilet wanita di Spazio.

Kebersihan  :  4.5/5
Kenyamanan :  4.5/5
Karcis toilet :  gratis
Alat sanitasi :  semprotan air dan tisu toilet 
Musola :  4.5/5 

 

 

3. Ciputra World (Ciworld)

Nama pengembang yang disandangnya sudah tak asing lagi di telinga kita. Ciputra World yang berlokasi di salah satu pusat keramaian Kota Surabaya, yakni Jl. Mayjen Sungkono, adalah salah satu mal dengan toilet terbaik menurut saya. Toilet tersedia di setiap lantai sisi barat dan sangat bersih.

Alat sanitasinya memang bukan menggunakan shower semprot, tapi dengan pipa kecil yang ditanam di wc, di mana keran di sisinya harus diputar agar air bisa memancar dari sisi belakang pengguna dan membersihkan saluran kencing wanita (saya kurang tahu istilahnya).

toiletIlustrasi toilet

Yang mengagumkan dari Ciputra World adalah musolanya. Jika kebanyakan mal megah punya musola yang menyedihkan, musola Ciworld berbanding lurus dengan keapikan malnya; membuat ibadah sangat nyaman karena ber-AC, karpet yang bersih, tebal, dan lembut, serta mukena yang bersih dan wangi.

Kebersihan   :  4/5
Kenyamanan :  4.5/5
Karcis toilet :  gratis
Alat sanitasi :  semprotan air dan tisu toilet 
Musola :  5/5 

 

 

4. Tunjungan Plaza (TP)

toilet_tpMal paling 'senior' di Surabaya ini punya toilet yang canggih, elegan, dan sistem sedot wc yang bagus. Bilik-bilik toiletnya berlapis marmer dengan penyinaran yang mungkin bisa bikin foto selfie Artebianz bisa sempurna di sini. Namun, ada pengalaman kurang menyenangkan yang saya alami di toilet wanita Tunjungan Plaza.

Saya lupa tepatnya di toilet wanita lantai berapa, saat itu—entah tisu toilet sedang habis atau memang sengaja tidak diisi, saya yang sudah sangat kebelet tidak memilih-milih bilik. Ada yang kosong, langsung saya gunakan. Begitu selesai, saya panik karena tidak ada alat untuk membersihkan diri! Tidak ada tisu atau shower air!

Namun, saya bersyukur sekali begitu menemukan selembar tisu basah dalam tas saya meski sudah agak lama. Keluar dari bilik toilet, barulah saya melihat tisu toilet teronggok di tepi wastafel. Apakah sistem toilet di sini mengharuskan pengguna ambil tisu dulu di wastafel baru pipis? Itu yang jadi pertanyaan saya.

Kebersihan   :  5/5
Kenyamanan :  3.5/5
Karcis toilet :  gratis
Alat sanitasi :  tisu toilet 
Musola :  4/5 

 

 

5. Royal Plaza

Royal Plaza dapat dikategorikan sebagai mal yang paling merakyat karena gerai-gerai yang menjual barang-barang yang lengkap dengan harga terjangkau. Lalu toiletnya? Tak ada yang istimewa. Meski dijaga oleh petugas, toilet di Royal Plaza adalah toilet yang basah. Sistem sedot limbah toilet Royal Plaza Surabaya tampaknya juga kurang sempurna karena terkadang lubang air dalam wc masih kuning seperti ada air seni yang belum tersiram.

royal_plaza
Tepian wc duduk sering kotor bekas jejak sandal orang yang menggunakan wc duduk dengan cara jongkok. Secara umum, ambience toilet kurang nyaman untuk standar mal. Seperti PTC, musola di Royal Plaza juga dekat dengan toilet. Sayangnya, musola di sini terlalu sempit, kecil, dan lembap.

 

Kebersihan :  3/5
Kenyamanan :  3/5
Karcis toilet :  Rp1.000,-
Alat sanitasi :  tisu toilet 
Musola :  2/5 

 

 

6. Grand City

Lokasi Grand City juga berada di tengah Kota Surabaya, dekat dengan Stasiun Gubeng. Sebagai mal besar, toilet Grand City terbilang cukup bersih. Namun yang paling menarik perhatian saya dari Grand City adalah musolanya. Saya rasa, Grand City adalah mal pertama di Surabaya yang menciptakan "Eksekutif Musola". Musola dengan standar masjid yang tetap berada dalam mal, sangat bersih, dan dikelola dengan petugas penjaga penitipan sandal.

eksekutif_musholaMusola Grand City

 

Kebersihan :  4/5
Kenyamanan :  3/5
Karcis toilet :  gratis
Alat sanitasi :  semprotan air (pipa air kecil di wc)
Musola :  5/5 

 

 

7. Food Junction

Memang bukan mal dan bahkan sama sekali tak ada kesan mal di Food Junction, lokasi nongkrong asyik outdoor baru di wilayah Surabaya Utara perbatasan Gresik. Namun karena yang sedang kita bahas adalah toiletnya, ini kesempatan saya untuk menginformasikan bahwa Food Junction memiliki toilet yang unik dan bersih.

toiletIlustrasi toilet

Di depan bilik toilet terdapat kaca-kaca bundar besar dengan satu lampu gantung di atasnya. Di wastafel juga terdapat bunga dalam vas. Dinding kamar mandi dan lantai kamar mandinya berpola. Bisa dibilang bahwa toilet di Food Junction adalah spot yang sayang untuk dilewatkan.

Kebersihan  :  4/5
Kenyamanan :  4/5
Karcis toilet :  gratis
Alat sanitasi :  semprotan air (pipa air kecil di wc)
Musola :  4/5 


Demikian review toilet di tujuh mal dan tempat nongkrong asyik di Surabaya. Kebersihan sebagian dari iman, bukan? Jadi, menjaga kebersihan dan memantau sistem sedot limbah supaya tetap bekerja harus kita lakukan juga di rumah. Kalau WC di rumah Artebianz mampet, ada baiknya segera menghubungi sedot limbah murah yang terdekat.

Salam Bersih!


Tag :


Nadia Sabila

Nadia Sabila adalah seorang jurnalis yang menggandrungi travelling dan makanan pedas.

Profil Selengkapnya >>

Nongkrong Lainnya

Tulis Komentar
comments powered by Disqus





KATEGORI :




ARTIKEL PILIHAN :




Mengajar Itu Layaknya Orang Yang Ingin Membina Hubungan, Butuh Proses PDKT


Lalu Abdul Fatah - Profesi, Delusi, dan Identitas Diri


OPERATION: Break the Casanova's Heart - Jangan Main Hati!


The Grand Budapest Hotel - Mereka Yang Layak Disebut


Nash - Ya Rabbana Anta Maulana


Berkuliner Ala Foodtruck Fiesta di Graha Fairground Surabaya Barat


Pandu Pustaka: Perpustakaan Keteladanan Di Pekalongan


Santosa Stable Horse Riding, Kendal: Berkuda Dan Legenda


Adiwarna 2016: Refraksi - Changing Your Perspective


Sebuah Wajah, Sebuah Rasa (Bagian Enam)


Cheongsam Bunga Teratai Mei Lien


Sajak Malam Dingin