1001 Fakta Sejarah yang Mengerikan: Bersiaplah Menyelidiki Sejarah yang Mengerikan

27 Jun 2015    View : 1951    By : Arkana


Ditulis oleh Alex Woolf
Diterbitkan oleh  KARISMA Publishing Group
Bahasa dialihkan oleh  Drs. Alexander Sindoro
Disunting oleh  Irwin Saputra
Layout dibuat oleh  Martina Susilowati
Diterbitkan pada  2011
Genre  nonfiksi, ensiklopedia, pengetahuan populer
 Harga  IRD45.000,00
 Koleksi  perpustakaan pribadi

1001 Fakta Sejarah yang Mengerikan

Artebianz pernah membayangkan bahwa beberapa fakta sejarah yang ditemukan ternyata sangat mengerikan?

Semua jawaban mengenai fakta-fakta yang mengerikan sejak zaman purba hingga dunia modern, terangkum dalam buku 1001 Fakta Sejarah yang Mengerikan. Untuk membaca buku ini kamu harus berkonsentrasi, karena di dalamnya terdapat sejarah yang paling mengerikan, menjijikkan, kotor, dan kejinya nenek moyang kita. Intinya, setiap era dalam sejarah mempunyai fakta untuk disampaikan.

Baca juga: Para Penjelajah Dunia: dari Vasco da Gama hingga Ibnu Battuta

Hidup memang cukup sulit bagi sebagian orang. Ada yang mengalami kelaparan, busung lapar, kekeringan, dilanda penyakit menular, perang, kanibalisme serta mempunyai tempat pembuangan (sanitasi) yang sangat buruk. Dan bila mereka belum cukup mengalami masa sulit tersebut, pasti selalu ada penguasa yang berkeinginan kuat untuk melakukan sebuah perubahan. Namun, akibatnya masyarakat semakin susah dan menderita. Seperti contoh, pemimpin bangsa Mongol, Tamerlane, dia pernah memerintahkan untuk mendirikan menara yang dibuat dari batu bata, adukan semen dan manusia hidup.

Tamerlane(gambar diambil dari epicworldhistory.blogspot.com)

Contoh lain dari penguasa revolusi adalah Raja Anglo-Saxon dari Inggris, Harold II, meninggal dalam Pertempuran Hastings ketika matanya terkena anak panah. Ada juga Adolph Frederick dari Swedia yang dikenal sebagai “raja yang rakus makan sendiri sampai mati”. Frederick meninggal setelah melahap sendiri lobster, caviar, ikan herring asap, champagne, dan 14 potong hidangan pencuci mulut favoritnya.

Dan yang lebih mengerikan lagi adalah nasib dari Kaisar Valerian dari Romawi. Setelah Valerian dikalahkan dalam pertempuran, Valerian digunakan sebagai injakan kaki sebelum dikuliti hidup-hidup dan dijejali/dilumuri dengan kotoran.

 

 

Beberapa Fakta Sejarah yang Megerikan dari Zaman ke Zaman:


Zaman Purba (Sebelum Tahun 750 SM)

Penduduk kota Jeriko pada sekitar tahun 750 SM melakukan penghormatan kepada nenek moyang secara ekstrem! Mereka mengambil kepala dari kakek-nenek yang sudah meninggal, mengisinya dengan tanah liat, mecat tengkorak sehingga terlihat seperti daging dan meletakkan kerang dalam cekungan mata untuk menggantikan matanya.

Wah…. Mengerikan!

Baca juga: Girls in the Dark - Hal-Hal yang Terjadi Ketika Sekelompok Gadis Berkumpul dalam Gelap


Periode Klasik (Tahun 750 SM-477 SM)

Prajurit Scythia yang baru, harus meminum darah musuh pertama yang mereka bunuh.


Zaman Pertengahan (Masehi Tahun 478-Tahun 1499)

*Di Tiongkok pada tahun 910 Masehi ada kerabat Kaisar yang secara tidak sengaja terbunuh ketika bermain polo. Kaisar memerintahkan seluruh tim lawan dipenggal kepalanya.

* Jika kalian pernah mengalami hari yang benar-benar seperti nasib buruk, bayangkan saja nasib yang dialami oleh Richard Raker pada tahun 1326. Raker yang sudah tua dan malang, harus menerima nasib buruk dalam hidupnya. Raker jatuh ke dalam lubang septic-tank dan meninggal secara mengerikan. Raker tenggelam di dalam kotorannya sendiri. Hii….

 

Zaman Awal Penemuan (Tahun 1500-Tahun 1699)

Pada tahun 1531, Richard Roose, koki untuk Uskup Rochester, dijatuhi hukuman mati karena meracuni orang yang tinggal di keuskupan. Roose dimasukkan ke dalam panci berisi air yang digantung di atas api di alun-alun kota. Diperlukan waktu 2 jam sampai air mendidih dan membunuhnya.


Zaman Revolusioner (Tahun 1700-Tahun 1849)

Perempuan terakhir yang dihukum mati dengan dibakar di Inggris adalah Catherine Murphy pada tahun 1789. Catherine dihukum karena membuat koin palsu.

Zaman Kerajaan (Tahun 1850-Tahun 1917)
Darah adalah obat yang sangat terkenal untuk epilepsi (ayan) di Inggris pada tahun 1700-an dan di Swiss sampai tahun 1860-an.

Zaman Modern (Tahun 1918-Sekarang)
Pada tahun 1924, Negara Bagian Nevada, Amerika Serikat, memperkenalkan kamar gas sebagai betuk hukuman mati yang lebih manusiawi. Korban pertamanya adalah pembunuh yang dipenjarakan, Gee Jong.

Baca juga: Gone Girl - Ketika Cinta Berakhir, Yang Tersisa Hanyalah Kematian

 

Setelah Artebianz mengetahui beberapa fakta mengerikan pada review kali ini, mungkin teman-teman merasa jijik dan sangat mengerikan. Diharapkan bagi Artebianz sebaiknya tidak melakukan ataupun mencoba mengulangi hal-hal mengerikan dari kebusukan nenek moyang kita di masa lalu, tinggalkan saja semuanya!

Dan ingat, Jangan biarkan sejarah terulang dengan sendirinya!

 


Tag :


Arkana

Arkana a.k.a Laura Lidya Monica Putri adalah seorang kutu buku, Thai-Holic (penggemar Film Thailand), yang memiliki hobi menulis.

Profil Selengkapnya >>

Review Buku Lainnya

Tulis Komentar
comments powered by Disqus





KATEGORI :




ARTIKEL PILIHAN :




Raga Senja Berjiwa Fajar: Sebuah Renungan Kemerdekaan Untuk Pemuda


Prisca Primasari - Menulis Adalah Memberi Kado Pada Diri Sendiri


Tentang Gaya Penceritaan Orizuka - Dari Manisnya Cinta Sang Pangeran Hingga Pahitnya Skripsi (II-The End)


Bangkok Knockout: Permainan Maut antara Hidup dan Mati


Sugar - Maroon 5: Kejutan Manis Di Pesta Pernikahan


Goyang Kaki Dan Goyang Lidah Di Lontong Kikil Bu Dahlia


Gujo Cafe Surabaya: Cangkrukan Enak Bernuansa Tradisional-Modern


Pantai Konang: Pesona Di Balik Gunung Trenggalek


Wawancara Dengan Cindy Owada: Mengenal Lebih Dekat WTF Market Dan Brand Lokal Indonesia


Sebuah Wajah, Sebuah Rasa (Bagian Empat)


Interaksi di Galaksi


Dia Ramai Berhening