Billionaire a.k.a Top Secret: Kisah Sukses Seorang Pengusaha Muda

03 Sep 2015    View : 2387    By : Arkana


Hello everyone, Arka’s back again!

Kali ini saya akan membahas tentang film yang bergenre sedikit berbeda dari biasanya. Baiklah, yang biasanya genrenya romance, drama atau comedy, tetapi kali ini mengenai perjuangan hidup. Meskipun ada beberapa bumbu romance-nya, namun pesan yang disampaikan oleh film ini sungguh membuat kita semakin bersemangat dalam menggapai sesuatu.

Check it out!

 

Film ini mengisahkan tentang seorang remaja bernama Top Ittipat, atau yang biasa disapa Top. Top adalah seorang gamer dan sangat maniak game. Dia sangat jarang sekali belajar di sekolahnya. Suatu hari, saat pelajaran komputer, Top yang sedang asyik bermain game online di komputernya, ternyata mendapat tawaran mengenai senjata-senjata yang ia punyai di dalam game tersebut (para gamers mungkin tau judul permainannya). Seorang gamer memintanya untuk menjual senjata yang ia miliki, tapiTop tidak mau menjualnya.

Saat sang Gamer menawarkan harga yang cukup tinggi, Top semakin tertarik. Lalu Top memberikan harga yang lebih tinggi kepada sang gamer, dan sang gamer menyetujuinya dan meminta nomor rekening Top agar ia bisa mentransfer uangnya segera.

Sumber: bagusxfantasy.wordpress.com

Sejak itulah, Top semakin bersemangat dalam ‘berbisnis’. Uang yang ia kumpulkan semakin banyak. Berbanding terbalik dengan kedua orangtuanya. Orangtuanya sangat tidak setuju dengan apa yang Top lakukan. Karena kedua orangtua Top menginginkan Top masuk di universitas negeri. Tapi, Top sudah telanjur menikmati bisnisnya dan lalai dalam belajar.

Sayangnya, saat ia hendak bermain game tersebut akunnya tidak bisa dibuka. Ternyata akun yang ia miliki telah dihapus karena diduga akun yang Top miliki telah disalahgunakan. Sejak kejadian itulah, Top semakin bersemangat dengan yang namanya bisnis. Dimulai dengan berjualan DVD player, berjualan kacang, hingga ide untuk berjualan cemilan rumput laut.

Usaha-usaha yang ia lakukan ini tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Top juga pernah ditipu oleh penjual DVD, menjual kalung kesayangannya tetapi diberi harga yang sangat murah, dan terkena cipratan minyak goreng saat mencoba menggoreng rumput laut. 

Baca juga: Teacher's Diary (Khid Thueng Withaya) (2014): Penghargaan Guru di Thailand


Sumber: www.tahupedia.comIni Top Ittipat yang asli

Berkali-kali gagal tidak membuat Top menyerah begitu saja. Justru hal itulah yang membuatnya semakin bersemangat dalam mencoba. Padahal dana yang ia miliki untuk berbisnis telah menipis. Belum lagi masalah rumahnya yang disita oleh pihak bank karena suatu hal. Ayah dan ibu Top juga memilih untuk tinggal jauh dari Thailand, tempat asalnya, mereka memilih untuk menetap di China. Belum lagi Top bersusah payah mencoba berbisnis agar dia dapat melunasi utang-utang ayahnya yang tidak sedikit, sekitar 40 juta baht (atau setara dengan 12 miliar rupiah).

Sumber: rezandani.wordpress.com

Pada akhirnya, kegigihannya membuahkan hasil. Meskipun perjuangan Top dalam menghasilkan rumput laut yang enak sangatlah sulit. Saat ia telah mendapatkan rumput laut yang cukup enak pun ternyata masih kurang. Top harus berulang kali meyakinkan 7-Eleven untuk dapat memasarkan produknya.

Berkali-kali ditolak, Top tidak pernah sedikitpun menyerah untuk dapat memasarkan produk buatannya. Hingga ia berhasil memasarkan produknya yang kita kenal dengan nama “Tao Kae Noi”. Arti dari “Tao Kae Noi” sendiri adalah pengusaha muda. Sangat cocok dengan keadaannya saat itu sebagai seorang pengusaha muda dan pantang menyerah.

Setelah itu, Top mampu menjual produknya di usia 19 tahun pada 3.000 cabang 7-Eleven di Thailand. Beberapa tahun setelahnya, Top telah berhasil melunasi utang-utang ayahnya. Dan saat ia berusia 26 tahun, Top telah mampu memperkerjakan 2.600 staf dan mendapat penghasilan sekitar 800 juta baht per tahunnya (sekitar 235 miliar rupiah).

Sumber: Svastic.blogspot.comProduk yang kita kenal dengan nama “Tao Kae Noi”

Kisah ini benar-benar berdasarkan kisah nyata dari seorang Top Ittipat.

The Billionaire Top Secret (Wai Roon Pan Lan) sangat menginspiratif menurut saya. Salah satu sifat Top yang patut dicontoh adalah “di mana ada kemauan pasti di situ ada jalan”, apa pun harus dilalui menuju sukses. Karena sukses tidak terbentuk secara instan. Dan benar-benar menginspiratif bag kaum muda khususnya bagi yang ingin memulai berbisnis sebagai acuannya dan tidak takut gagal dalam mencoba.

Semoga film ini bisa menginspirasi Artebianz semua, ya! Smile

Baca juga: Present Perfect: Seandainya Waktu Dapat Diputar Kembali

 

 

Profil Film The Billionaire a.k.a Top Secret:

Sumber: daerahmawati.blogspot.com

Title : The Billionaire a.k.a Top Secret (Wai Roon Pan Lan)
Directed By : Songyos Sugmakanan
Production Company : GMM Thai Hub
Release dates : 20 October 2011
Language : Thailand
Country : Thailand
Starring

: Pachara Marcel Chirathivat
  Walanlak Kumsuwan
  Somboonsuk Niyomsiri

Box Office : 37.796.264 THB


           


Tag :


Arkana

Arkana a.k.a Laura Lidya Monica Putri adalah seorang kutu buku, Thai-Holic (penggemar Film Thailand), yang memiliki hobi menulis.

Profil Selengkapnya >>

Review Film Lainnya

Tulis Komentar
comments powered by Disqus





KATEGORI :




ARTIKEL PILIHAN :




Dari Hati Ke Hati: Sepiring Kupang Dan Ketangguhan Dalam Menjalani Kehidupan


Dimas-Lissa: Pudarkan Kapitalisasi Pendidikan Lewat Sekolah Gratis Ngelmu Pring


Bi! - Potret Emosi yang Mengikat Manusia pada Lingkaran Kehidupan


Me Before You - Jojo Moyes and a Bowl of Warm Love Story


5 Lagu Indonesia Tahun 90-an Mengesankan Versi Artebia


Depot Asih Jaya, Pusat Soto Lamongan


Taman Apsari, Keteduhan di Tengah Hiruk Pikuk Kota


Candi Minak Jinggo - Candi Kecil nan Istimewa di Trowulan


Diskusi Bersama Alvi Syahrin dan Ika Vihara: Wattpad dan Sastra Digital


Sebuah Wajah, Sebuah Rasa (Bagian Pertama)


Interaksi di Galaksi


Kudemi Masamu