5 Lagu Indonesia Tahun 90-an Mengesankan Versi Artebia

14 Mar 2015    View : 11078    By : Nadia Sabila


“Lagu-lagu dulu tuh lebih berkesan (memorable) dibandingkan lagu-lagu sekarang.” Komentar ini tidak satu dua kali saya dengarkan, tetapi sering dan dilontarkan oleh orang-orang yang berbeda. Tapi memang tak bisa dipungkiri, ada kalanya lagu-lagu sebelum era Facebook -  lebih tepatnya sebelum tahun 2009 - liriknya terasa lebih sarat makna dan nadanya masih cocok didendangkan hingga sekarang.

Mungkin, karena musisi di era 90-an tidak terlalu ditekan oleh pasar seperti sekarang. Mereka bebas berkarya, karena karya mereka lebih “dihargai”. Saya beri tanda kutip pada kata dihargai, karena selain apresiasi melalui penghargaan, harga dalam rupiah juga dengan lancarnya mengalir ke kantong para musisi Indonesia tahun 90-an mengingat pembajakan dan penjiplakan belum se-marak sekarang.

Terlepas dari sangat relatifnya kata “dulu” yang dimaksud oleh orang-orang, di artikel ini, saya akan mengupas lagu-lagu jaman dulu versi saya, yakni ketika tahun 90-an. Keawetan grup bandnya pun beragam, ada yang bertahan dan ada yang sudah bubar. Lagu-lagu ini masih sering saya masukkan ke playlist ketika berkaraoke bersama teman-teman, selain nostalgia, tentu saja karena karya-karya berikut ini memang luar biasa dan tak bisa dilupakan.

1. Negeri  Di Awan Dipopulerkan Oleh Katon Bagaskara (1993)

Lagu ini saya sebutkan di urutan pertama, karena saya sangat menyukai melodi Negeri Di Awan. Lagu ini merupakan karya dari album perdana Katon Bagaskara yang dirilis pada tahun 1993. Video klipnya menggambarkan sebuah desa dengan tingkah hewan-hewan yang menjadi pusat sorotan, bahkan masih ada kereta api melintas dengan lokomotif yang mengepulkan asap hitam. Sangat klasik namun menenangkan.

Ada sisipan orkestra dalam komposisi musiknya yang damai, liriknya pun sangat teduh. Deskripsi kekaguman pada sosok sederhana yang membawa kesan dan kenangan dalam hidup. Sosok lugu yang menceritakan impiannya, namun akhirnya sang penyanyi merasa terbawa dan ingin mewujudkannya dalam kenyataan. Cita-cita anak-anak tergambar jelas dalam Negeri Di Awan. Sangat terasa dalam refrain liriknya berikut ini:

“Kau mainkan untukku
Sebuah lagu tentang negeri di awan
Dimana kedamaian menjadi istananya
Dan kini tengah kau bawa, Aku, menuju kesana”

2. Cukup Siti Nurbaya Dipopulerkan Oleh Dewa 19 (1995)

Ini dia lagu yang sangat 90-an menurut saya, dimana personil vokalis Dewa 19 saat itu masih Ari Lasso. Dirilis pada tahun 1995 dalam album Terbaik Terbaik, Cukup Siti Nurbaya merupakan salah satu karya Master Piece Ahmad Dani dan kawan-kawan. Lirik lagunya sangat berbobot dan bermakna. Saya yang kala itu masih duduk di bangku SD, bahkan mau bersusah payah  membuka kamus besar untuk menemukan arti kata “Agitasi” dan “Dogma” yang termaktub dalam lirik lagu ini.

Secara umum, Cukup Siti Nurbaya menggambarkan pandangan seorang anak yang menentang anggapan orang tua, yang mementingkan harta dan kedudukan dalam mencari jodoh untuk anaknya. Penekanan lirik “Hanya cinta yang sejukkan dunia” diperkuat oleh adegan bully-ing terhadap model wanita utama dalam video klip itu. Ada pula tawuran siswa SMA di jalan yang dilali oleh model wanita tersebut. Namun, tetap ada cinta sederhana yang dideskripsikan melalui adegan saat si wanita memberikan tempat duduknya kepada wanita tua yang berdiri dalam bus.

Oh.. masih ada Belenggu ruang cinta
Meresap kini di dinding zaman
Mencoba - coba kikis naluri
Agitasi murahan yang ada lagi
Mohon acuhkan Palingkan muka

Oh.. memang dunia
Buramkan satu logika
Seolah - olah hidup kita ini
Hanya ternilai sebatas rupiah

Dengarkan manusia yang terasah falsafah
Sesaat katanya itu bukan dogma

Katakan!! pada Mama
Cinta bukan hanya harta dan tahta
Pastikan!! pada semua
Hanya cinta yang sejukkan dunia
(Bukan itu Mama Bukan itu Papa 2x)

Oh.. cukup Siti Nurbaya
Yang mengalami Pahitnya dunia
Hidupku kamu dan mereka semua
Takkan ada yang bisa memaksakan jalan
Hidup yang kan tertempuh

3. Pesawatku Dipopulerkan Oleh Memes (1997)

Lagu ini termasuk ke album kedua Memes yang berjudul Ilusi, dirilis pada tahun 1997. Artebianz tahu siapa Memes yang menyayikan lagu Pesawatku ini? Mungkin sebagian Artebianz lebih familiar dengan anak kandung Ibu Memes ini: Kevin Aprilio alias Kevin Vierra. Lagu Pesawatku ini liriknya indah sekali dalam menggambarkan cita-cita dan harapan.

Menurut saya, Pesawatku adalah refleksi dari harapan seorang ibu pada anaknya. Sang ibu menasihati anaknya untuk bersabar dan berpasrah setelah berusaha. Setelah merakit, menerbangkan, dan berusaha keras untuk mencapai cita-cita setinggi langit, sang anak tak perlu risau akan hasilnya. Cinta akan datang dengan sendirinya saat cita dan asa telah tercapai, dan di waktu yang tepat. Hal ini ditekankan pada lirik: “Tunggulah kerling lampunya, di saat bulan purnama tiba, pertanda dia telah bertemu dengan peri kecilnya di bulan” dan direpresentasikan dengan model video klip berupa seorang anak laki-laki dan seorang gadis kecil di bulan.  Komposisi musiknya pun riang, dan disisipkan sedikit gaungan orkestra.

Biar kurakit pesawatku
Rentangkan pelan dua sayapnya
Nyalakan sumbunya hingga terpercik api menari
Lepaskan pengaitnya relakan pergi ke arah bulan
Tak perlu kau rindu menyinggungnya
Perlahan lupakan kepergiannya
Tunggulah kerling lampunya disaat bulan purnama tiba
Pertanda dia telah bertemu dengan peri kecilnya di bulan

Reff:
Pesawatku terbang ke bulan
Pesawatku terbang ke bulan 

4. Inikah Cinta ME (1998)

ME, boyband 90-an sukses membawakan lagu hit “Inikah Cinta” dalam album berjudul “Terbuka” yang diluncurkan pada tahun 1998. Boyband ME saat ini sudah bubar. Lagu “Inikah Cinta” sekarang dinyanyikan kembali oleh boyband Sm*sh. Yang paling “90” dari lagu ini adalah video klipnya. Lihat saja, jaket tebal warna-warni mentereng yang dikenakakan oleh para vokalisnya. Tak banyak efek yang digunakan dalam video klip ME ini. Dan salah satu personil ME yang paling populer adalah Fery. Saat hit ini rilis, Fery masih menjadi salah satu pembawa acara lagu anak-anak “Tralala Trilili” bersama Agnes Monica yang saat itu pun masih anak-anak.  

agnes_dan_fery                                                                        Agnes dan Fery dalam Tralala Trilili

Inikah Cinta adalah gambaran sederhana seseorang yang sedang jatuh cinta. Tak banyak intrik maupun konflik yang tersirat dalam lirik lagu ini. Hanya getaran asing dalam hati saat melihat sosok orang yang dicinta sehingga nampak memesona. Simpel, namun rancak dan mudah diingat.

Saat kujumpa dirinya
Di suatu suasana
Terasa getaran dalam dada
Kucoba mendekatinya
Kutatap dirinya, Oh dia sungguh mempesona

Ingin daku menyapanya
Menyapa dirinya
Bercanda tawa dengan dirinya

Namun apa yang kurasa
Aku tak kuasa
Aku tak tau harus berkata apa

Inikah namanya cinta
Inikah cinta
Cinta pada jumpa pertama

Inikah rasanya cinta
Inikah cinta
Terasa bahagia saat jumpa
Dengan dirinya
Kujumpa dia berikutnya

Suasana berbeda
Getaran itu masih ada
Aku dekati dirinya
Kutatap wajahnya
Oh dia tetap mempesona

Rindu terasa
Dikala diri ini ingin jumpa
Ingin s'lalu bersama
Bersama dalam segala suasana

5. Sahabat Sejati Dipopulerkan Oleh Sheila On 7 (2000)

Album Kisah Klasik Untuk Masa Depan yang dirilis pada tahun 2000 dimana salah satu single-nya adalah Sahabat Sejati ini merupakan album yang menandai puncak kepopuleran Sheila on 7 sebelum akhirnya berganti-ganti personil. Lagu Sahabat Sejati juga menjadi soundtrack sebuah sinetron remaja di salah satu stasiun TV swasta.  

Lagu ini seperti menjadi lagu kebesaran bagi anak-anak muda kala itu. Genjrengan gitaris Sheila on 7 (Eros) dengan gebukan drum (drummer saat itu masih Anton) bersatu padu menghasilkan lagu yang cocok digunakan untuk lonjak-lonjak. Saya memasukkan lagu ini dalam kategori 90-an karena dalam video klipnya, anak mudanya masih mendengarkan kaset. Artebianz tahu sendiri dong, saat ini kaset sudah sulit ditemukan, kalah pamor dengan CD rom ataupun download file langsung di internet.  

Sahabat Sejati direpresentasikan melalui sekelompok anak muda yang bersenang-senang bersama, bermain, berkumpul, menangis dan tertawa bersama, sangat mewakili lirik “Kita selalu berpendapat, kita ini yang terhebat, kesombongan di masa muda yang indah.” Adapula konflik yang terjadi saat salah satu dari mereka kedapatan menggunakan bubuk narkoba. Konflik seperti inilah yang menjadi prototipe dan transisi anak muda 90-an ke anak muda 2000-an hingga sekarang 15 tahun setelahnya.

Sahabat sejatiku, hilangkah dari ingatanmu
Di hari kita saling berbagi
Dengan kotak sejuta mimpi, aku datang menghampirimu
Kuperlihatkan semua hartaku
Kita s’lalu berpendapat, kita ini yang terhebat
Kesombongan di masa muda yang indah
Aku raja kaupun raja
Aku hitam kaupun hitam
Arti teman lebih dari sekedar materi

Reff.
Pegang pundakku, jangan pernah lepaskan
Bila ku mulai lelah… lelah dan tak bersinar
Remas sayapku, jangan pernah lepaskan
Bila ku ingin terbang… terbang meninggalkanmu
Ku s’lalu membanggakanmu, kaupun s’lalu menyanjungku
Aku dan kamu darah abadi
Demi bermain bersama, kita duakan segalanya
Merdeka kita, kita merdeka

Tak pernah kita pikirkan                       
Ujung perjalanan ini                                                          
Tak usah kita pikirkan
Akhir perjalanan ini


kaset

 

 

Review musik asyik lainnya:




Nadia Sabila

Nadia Sabila adalah seorang jurnalis yang menggandrungi travelling dan makanan pedas.

Profil Selengkapnya >>

Review Musik Lainnya

Tulis Komentar
comments powered by Disqus





KATEGORI :




ARTIKEL PILIHAN :




Stigma dan Tradisi: Perempuan, Terlahir Sebagai Penghuni Neraka


Edwin Ruser dan KoreanUpdates - Menghidupkan Mimpi Lewat Passion


Tentang Gaya Penceritaan Orizuka - Dari Manisnya Cinta Sang Pangeran Hingga Pahitnya Skripsi (I)


Cheese In The Trap - Jebakan Si Keju Untuk Sang Tikus


Adele's Hello - Apa Kabar Masa Lalu?


Baegopa Malang - Ada Harga Ada Rasa


Burgerman - Burger Home-Made Khas Surabaya yang Selalu Bikin Ketagihan


Penelusuran dan Napak Tilas Reruntuhan Situs Candi Pendharmaan Ken Angrok di Kabupaten Malang (Bagian 1)


Deja Vu: Pesta Ketiga WTF Market di Surabaya (Bagian 2 - End)


My Toilet Prince - Pintu Pertama


Twist and Shout (Part 2)


Masa (II)