Air Terjun Tumpak Sewu Lewat Goa Tetes Lumajang (part 2)

13 Aug 2015    View : 15774    By : Nadia Sabila


Di artikel sebelumnya, Air Terjun Coban Sewu: Niagaranya Indonesia (part 1), saya membahas mengenai Coban Sewu atau Tumpak Sewu yang dipandang dari spot Dusun Jagalan, Malang. Tapi, tidak afdol rasanya mengunjungi obyek wisata air terjun tanpa main air. Dasar Coban Sewu bisa didatangi, dengan syarat, siapkan fisik dan mental yang prima! Terutama bagi traveller yang jarang mendaki gunung atau outbond (termasuk saya), kalian harus didampingi oleh pemandu atau teman yang sudah ahli mendaki. Yang pasti, Tumpak Sewu ini BUKAN objek untuk wisata sendirian. Mengapa? Berikut ini penjelasannya.

Ke Dasar Tumpak Sewu via Goa Tetes Lumajang

Salah seorang kawan saya saat itu menyebutkan bahwa air terjun Tumpak Sewu yang "sejati" berada di Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, melalui Goa Tetes, dan sebetulnya, nggak jauh-jauh amat dari Coban Sewu spot Jagalan.

peta_tumpak_sewupeta ke Tumpak Sewu dari Malang Kota

Menurut kawan saya itu (dia sendiri mendapat info dari kawannya), ke dasar Tumpak Sewu melalui Goa Tetes medannya lebih mudah ditempuh dan lebih menarik. Tanpa menggubris tawaran dari "pemandu wisata oportunis" yang agak memaksa untuk mengantar kami ke Tumpak Sewu melalui "jalan tikus" yang (katanya) lebih dekat dibanding harus ke Goa Tetes dulu, kami bertolak menuju Tumpak Sewu Semeru - Goa Tetes.

Motor kami sudah melaju sekitar 20 menit dari Coban Sewu. K