Pantai Sedahan: Sebuah Keindahan Tersembunyi

15 Mar 2016    View : 1850    By : Mia Kamila


Gunung Kidul, merupakan kawasan yang menjadi daya tarik wisatawan. Terutama obyek wisata pantai yang disuguhkan. Banyak sekali pantai yang membentang luas dan berjajar memiliki sebutan nama yang berbeda-beda.

pantai_sedahanPantai Sedahan di Gunung Kidul.

Setiap pantai memiliki keunikan tertentu dan mayoritas menjadi magnet bagi para wisatawan. Pantai-pantai tersebut sebagian besar sudah dikelola oleh pemerintah kota yang bertujuan untuk menambah kesejahteraan masyarakat setempat.

Baca Juga: Pantai Karanggongso - Pantai Jernih Berpasir Putih Di Teluk Prigi

 

 

Pantai Sedahan

Selain pantai yang sudah dikelola oleh para pemerintah, di Gunung Kidul masih banyak pantai yang belum terjamah oleh wisatawan. Pantai tersebut tidak kalah menarik dan memesona dengan pantai-pantai yang lain.

Pantai Sedahan misalnya. Pantai yang terletak di sebelah timur Pantai Wediombo ini memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Pengunjung pantai tersebut dikatakan masih sangat minim dikarenakan oleh medan sangat terjal yang harus dilalui dan harus melewati perbukitan sepanjang satu kilometer. Namun bagi peminat wisatawan muda medan seperti itu tak jadi masalah. Bahkan tak jarang pula saya menjumpai beberapa tenda berbaris di bibir pantai.

pantai_sedahanMelompat di Pantai Sedahan, Photo by: Kuspriyatna.

Kedatangan saya dan teman-teman di tempat tersebut rupanya sudah terlalu siang dan matahari sudah berada tepat di atas kepala kami. Namun, saya masih menjumpai segerombolan pemuda masih asyik bermain air di tepian pantai tanpa menghiraukan panas yang menyengat di tubuh.

Di setiap perjalanan trekking menuju pantai, kami berpapasan dengan rombongan lain yang pulang setelah bertenda di sana. Diketahui mereka berbondong-bondong membawa carrier yang menempel di punggung dan sesekali saya melihat mereka membawa peralatan masak. Mereka biasanya tiba di sana sehari sebelumnya, dan mendirikan tenda untuk bermalam untuk menikmati keindahan matahari terbit di pantai yang tergolong masih sangat pribadi tersebut.

tracking_ke_sedahanTrekking menuju Pantai Sedahan, Photo by: Mia Kamila.

Baca Juga: Jazz Gunung 2015 - Indahnya Jazz Merdunya Gunung

 

 

Mengurai Keindahan Pantai Sedahan Dengan Kata

pantai_sedahanPantai Sedahan adalah pantai dengan dua tebing karang yang menjulang tinggi terlihat sangat indah serta memanjakan mata kita untuk memandangnya.

Deburan ombak yang menghantam karang terlihat sangat elok dengan buih putihnya. Tak jarang, para pengunjung yang datang tertarik untuk bermain air, berfoto-foto ria, bermain pasir bahkan hanya sekadar menikmati keindahan alamnya saja.

Pantai Sedahan memang masih tergolong sepi, namun beberapa fasilitas umum di sekitarnya sudah ada di sana, seperti kamar mandi yang didirikan warga setempat serta warung di bukit area trekking menuju pantai.

Meski begitu jumlahnya tak banyak. Jadi, ketika kita akan trekking melalui bukit untuk menuju pantai sebaiknya membawa bekal makanan dan air minum agar perjalanan lebih terasa nyaman dan tidak dehidrasi.

pantai_sedahanAda rasa puas yang serta-merta muncul dalam benak kami ketika kami berhasil melalui perbukitan karang untuk menuju Pantai Sedahan.

Pasir putihnya yang bersih tanpa adanya jejak-jejak kaki pengunjung membuat Pantai Sedahan bak pantai kami sendiri.

Tak jarang kami berhenti untuk melepaskan lelah sembari berfoto mengabadikan keindahan alam yang memukau ini. Hingga kami lupa waktu dan rasanya berat untuk beranjak pulang. 

hutan_randuGroofie di hutan kapuk atas bukit, Photo by: Mia Kamila.

 

 

Transportasi Menuju Pantai Sedahan

Untuk dapat menuju ke Pantai Sedahan tersebut sebaiknya para pengunjung menggunakan kendaraan pribadi, karena akses kendaraaan umum untuk menuju ke pantai tersebut tergolong jarang dan ada di jam-jam tertentu.

Jika berangkat dari Jogja, kita harus naik kendaraan umum ke arah Jl. Wonosari, Sesampainya di Wonosari kita bisa sambung lagi dengan kendaraan umum sampai daerah Tepus kemudian disambung dengan mengendarai ojek atau sewa kendaraan bermotor roda dua.

Ingat ya, Artebianz! Hal yang harus kita lakukan ketika mengunjungi suatu tempat wisata sebaiknya kita menjaga lingkungan tersebut, jangan pernah membuang sampah sembarangan. Jagalah alam tersebut agar tetap terlihat sehat, bersih, dan indah.

pantai_sedahanPhoto by: Mia Kamila

 Baca juga: Terbang Dengan Kursi Mabur Di Sindu Kusuma Edupark

 




Mia Kamila

Mia Kamila adalah seorang blogger yang suka jalan-jalan. Dia selalu mencatat setiap perjalanannya berikut maknanya melalui sebuah untaian kata-kata.

Profil Selengkapnya >>

Wisata Lainnya

Tulis Komentar
comments powered by Disqus





KATEGORI :




ARTIKEL PILIHAN :




Stigma dan Tradisi: Perempuan, Terlahir Sebagai Penghuni Neraka


Figur: Lia Indra Andriana - Dari Seorang Calon Dokter Gigi Menjadi Salah Satu Penerbit Berpengaruh


P.S. I Still Love You - Psst... Ada yang Masih Cinta


Present Perfect: Seandainya Waktu Dapat Diputar Kembali


Nash - Ya Rabbana Anta Maulana


Depot Gresik


Heerlijk Gelato


Air Terjun Tumpak Sewu Lewat Goa Tetes Lumajang (part 2)


Deja Vu: Pesta Ketiga WTF Market di Surabaya (Bagian 2 - End)


Sebuah Wajah, Sebuah Rasa (Bagian Tujuh)


Cita-Cita Dirgantara


Kata-Kata Itu Telah Hilang Saat Kami Lahir