Wisata Madiun Bersama Keluarga

26 May 2016    View : 1124    By : Muti Laurentz


Meskipun Madiun tergolong kota yang kecil yang tidak sebesar Surabaya atau kota besar lainnya, namun banyak tempat wisata di Madiun yang bisa dijadikan tempat untuk berlibur keluarga, antara lain yang terkenal adalah sebagai berikut:

 

 

Nglambangan

Delapan kilometer ke arah timur dari Kota Madiun, terdapat Desa Nglambangan, yang termasuk bagian dari Kecamatan Wungu. Di desa ini selalu mengadakan tradisi pada bulan suro dan tradisi ini sudah dijadikan sebagai upacara ritual tahunan.

Ritual keagamaan tersebut dilaksanakan oleh masyarakat setempat sebagai bentuk penghargaan atas beberapa peninggalan sejarah dari zaman Kerajaan Majapahit seperti Pura Lambang Sari, petirtaan, punden, Lumbung, dan sumur kuno yang berada di desa tersebut. Benda-benda pusaka tersebut disimpan di satu tempat yang diberi nama Watu Dakon.

 

 

Taman Wisata Umbul

Fasilitas taman rekreasi keluarga yang terletak 20 km dari Kota Madiun ke arah selatan, dan tepatnya berada di Desa Glonggong, Kecamatan Dolopo. Taman wisata ini merupakan taman peninggalan dari zaman kolonial Belanda. Kebanyakan masyarakat sekitar senang pergi bersama keluarga dan membawa anak-anak untuk bermain di sana.

Banyak fasilitas bagi keluarga yang ada disana seperti pesanggrahan, rumah makan, kebun binatang mini, kolam renang, sumber air belerang, dan tempat bermain anak.

Bila Anda ingin menginap di sana, tak perlu khawatir karena di taman tersebut juga menyediakan penginapan bagi yang ingin menginap dan dapat dipesan melalui aplikasi Traveloka.

Taman Wisata Umbul

 

 

Air Terjun Krecekan Denu

Bila Anda mengunjungi Wana Wisata Grape, maka tak jauh dari situ, yaitu sekitar 4 km tepatnya di Desa Kepel, Anda bisa mengunjungi  Air Terjun yang disebut Krecekan Denu, Madiun.

Dengan tiket masuk Rp1000,00 per orang, maka Anda sudah bisa masuk ke tempat wisata ini. Bisa dibilang air terjun ini masih virgin karena air terjun ini memang terhitung masih baru ditemukan oleh warga. Bagi yang belum terbiasa harus menggunakan tenaga ekstra karena harus berjalan lagi sekitar 15 menit dari tempat parkir.

 

 

Wana Wisata Grape

Lima belas kilometer dari Kota Madiun, dan terletak di pinggir hutan jati, tepatnya berada di Kaki Gunung Wilis dengan luas 1,5 hektar terdapat tempat wisata yang bernama Wana Wisata Grape. Di Wana Wisata Grape ini Anda bisa melakukan aktifitas olah raga gunung panjat tebing, bersepeda, hiking, juga bisa berkemah.

Obyek wisata ini merupakan objek wisata yang bernuansa sejuk. Di dalam objek wisata Wana Wisata Grape juga terdapat sungai jernih yang mengalir yang berasal dari mata air pegunungan Dungus .

Wana WIsata GrapeSumber gambar: wordpress.com

 

 

Sun City Theme Park Madiun

Tempat wisata ini merupakan taman bermain air yang menjadi salah satu favorit bagi keluarga. Untuk dapat masuk ke tempat wisata ini Anda hanya perlu membayar harga tiket masuk Rp25.000,00.

Di dalan Sun City Theme Park Madiun, terdapat waterboom dan berbagai permainan air yang menjadi kegemaran anak-anak. Selain permainan air, di sana juga tersedia beberapa wahana. Namun untuk menikmati berbagai macam wahana seperti bianglala dan jenis lainnya, harus membeli tiket lagi per wahana.

 

 

Air Terjun Serondo

Air terjun ini memiliki sumber mata air yang muncul di atas pohon rindang dari bawah gunung yang berlokasi di Desa Kare, yang merupakan satu wilayah perkebunan kopi di Kabupaten Madiun. Air Terjun ini dikenal juga dengan nama Air Terjun Seweru atau Selampir. Letaknya di lereng Gunung Wilis dengan ketinggian sekitar 400 mdpl dengan luas kurang lebih 6 hektar. Untuk mengakses ke air terjun ini cukup membayar Rp2000,00.

Air Terjun SerondoSumber gambar: blogspot.com

 

Dumilah Park

Tempat wisata ini merupakan tempat favorit anak-anak karena di dalam area wisata terdapat banyak permainan kegemaran mereka. Karena lokasi Dumilah Water Park berada di pusat kota maka fasilitas yang ada di tempat wisata air ini antara lain garden zone, water zone, dan game zone. Disediakan pemancingan bagi yang suka memancing.

Harga untuk dapat masuk ke taman Dumilah Park tergolong murah untuk tempat wisata yang letaknya di tengah kota. Untuk dapat masuk ke sana dan bermain harus membeli  tiket sebesar Rp15.000 sampai Rp20.000. Hal ini membuat banyak keluarga yang senang mengajak anak-anak mereka ke sana.

 

 

Waduk Kedungbrubus

Waduk Kedungbrubus ini berada di sebelah utara Kecamatan Pilangkenceng, Kabupaten Madiun dan berbatasan dengan wilayah Kabupaten Bojonegoro. Saat Anda masuk ke area waduk, maka Anda bisa menikmati khasnya pemandangan hutan jati sepanjang 4 km. Nuansa hutan dan aroma dedaunan membuat perjalanan anda terasa menyegarkan.

Selain sebagai waduk, bagi Anda yang memiliki hobi memancing, maka tempat ini banyak dimanfaatkan sebagai ajang pemancingan. Selain itu pihak pegelola juga menyediakan ikan bakar maupun ikan goreng yang langsung diambil dari keramba.

 





Wisata Lainnya

Tulis Komentar
comments powered by Disqus


givaway happiness is you



KATEGORI :




ARTIKEL PILIHAN :


Stigma dan Tradisi: Perempuan, Terlahir Sebagai Penghuni Neraka


Figur: Lia Indra Andriana - Dari Seorang Calon Dokter Gigi Menjadi Salah Satu Penerbit Berpengaruh


Para Penjelajah Dunia : dari Vasco da Gama hingga Ibnu Battuta


Attack on Titan (進撃の巨人 - Shingeki no Kyojin)


Menuju Senja - Payung Teduh


Mirota dan Segala yang Berbau Jawa


Taman Patung Kuda Gunung Sari - Taman Segala Usia


Wawancara Dengan Cindy Owada: Mengenal Lebih Dekat WTF Market Dan Brand Lokal Indonesia


Balada Sebuah Perut


Sebuah Wajah, Sebuah Rasa (Bagian Ketiga)


Masa (II)