Nicoline Patricia Malina: Fotografer Cantik Muda Berbakat

03 Jan 2015    View : 8821    By : Amidah Budi Utami


Saya pertama kali kenal nama Nicoline Patricia Malina dari akun instagramnya (@npmalina) ketika saya iseng meng-explore instagram. Ketika saya menemukan sebuah foto keren dari akun yang belum saya kenal, saya akan masuk ke profilnya untuk melihat foto keren lainnya. Jika foto lainnya juga sama kerennya maka tidak ragu-ragu lagi saya akan follow akun tersebut.

Hal pertama yang mendorong saya untuk follow Nicoline Patricia Malina adalah foto-foto eksotiknya mengenai ragam budaya dunia, mulai dari alam, arsitektur, street view, desain interior, sampai ornamen-ornamen kecil. Awalnya saya sama sekali tidak tahu kalau Nicoline Patricia Malina adalah seorang fashion photographer ternama skala nasional dan internasional. Saya semakin mengaguminya setelah mengetahui profilnya lebih jauh.

Secara pribadi, Nicoline Patricia Malina adalah figur inspiratif bagi saya. Well, Nicoline cantik, muda, berbakat, profesional, dan sangat passionate dengan pekerjaannya. Terutama di mata seorang pecinta fotografi seperti saya. Saya berharap melalui artikel ini, Artebianz juga terinspirasi oleh fotografer muda berbakat ini.

salah satu foto street view yang saya suka dari pemilik akun @npmalinaSalah satu foto street view yang saya suka dari pemilik akun instagram @npmalina.

 

 

Nicoline Patricia Malina Kecil Sampai Remaja

Nicoline Patricia Malina lahir di Surabaya pada tanggal 6 Desember 1984. Ibunya adalah seorang desainer serta make-up artist. Ibunya memiliki banyak majalah fashion di rumah. Ketika Nicoline masih kecil, dia sangat menikmati melihat foto-foto  di majalah tersebut. Layaknya anak kecil pada umumnya yang menyukai cerita dongeng, Nicoline Patricia Malina merasakan hal yang sama asyiknya ketika melihat foto-foto di majalah fashion. Foto-foto tersebut seperti bercerita. Nicoline kecil sangat menikmati cerita melalui foto-foto.

Ibunya pernah mendaftarkannya di sebuah tempat kursus fashion designer karena mengira Nicoline menyukai profesi tersebut. Pada akhirnya Nicoline Patricia Malina menyadari bahwa meskipun dia menyukai dunia fashion designer namun tidak benar-benar mencintainya.

Baca juga: Wawancara Dengan Cindy Owada: Mengenal Lebih Dekat WTF Market Dan Brand Lokal Indonesia

 

 

Awal Mula Menjadi Fotografer

Wanita cantik yang pernah mengambil pendidikan formal Fine Art di Hogeschool voor de Kusten Utrecht, Belanda ini sempat mencoba beberapa profesi. Nicoline Patricia Malina memulai karir sebagai model di usia 18 tahun. Selama kuliah di Belanda dia sempat menjalani karir sebagai make-up artist sambil tetap menjalani profesi sebelumnya yaitu sebagai model. Selama menjalani kedua pekerjaan tersebut, Nicoline merasa kreatifitasnya tidak banyak berkembang. Kemudian dia mencoba melukis dan, pada akhirnya, menjadi seorang fotografer.

Ketika bekerja sebagai model, Nicoline Patricia Malina sering mengamati pekerjaan fotografer. Nicoline melihat sang fotografer sangat berdedikasi kepada pekerjaannya. Di saat break pemotretan, Nicoline Patricia Malina sering berdiskusi dengan fotografernya mengenai proses kreatif seorang fotografer. Merasa tertarik, Nicoline Patricia Malina memutuskan untuk menjadi fotografer. Nicoline belajar fotografi secara otodidak.

Pekerjaan pertamanya didapatkan dengan penuh perjuangan. Saat itu Nicoline Patricia Malina masih menetap di Belanda. Dia secara rutin dan terus-menerus mengirim hasil fotonya ke majalah-majalah fashion melalui E-mail. Namun tidak ada tanggapan dari pihak majalah. Nicoline pantang menyerah, dia terus mengirimkan hasil karyanya. Pada akhirnya setelah 6 bulan, ada sebuah majalah fashion mau menggunakan jasanya. Dari sana karir fotografer seorang Nicoline Patricia Malina mulai berkembang.

Baca juga: Goodreads Indonesia Regional Surabaya: Novel Remaja Dan Dunianya

 

 

Apa yang Menarik Dari "Menjadi Fotografer"?

Nicoline Patricia Malina merasakan menjadi fotografer adalah sebuah pekerjaan penuh kreatifitas. Dalam dunia fotografi, dia selalu belajar hal baru setiap hari. Menjadi seorang fotografer artinya dia harus paham bahwa dia berkerja dalam tim, terdiri dari penata gaya, penata rias, asisten, serta model. Di sini, Nicoline Patricia Malina bertanggung jawab untuk memberi arahan kepada semua anggota tim agar memiliki visi sama dalam menangani sebuah project.

Fotografer yang telah mendapat banyak penghargaan diantaranya Iconique Societas Excellence in Photography Award 2007, Young Photographer of The Year ELLE Style Awards 2009, Most Stylish Creative Senayan City Style Maker Awards 2014, mengaku memiliki gaya fotografi yang berkembang. Dia selalu belajar hal-hal baru seperti pencahayaan berbeda, background berbeda, komposisi berbeda serta hal-hal lainnya.

Ketika saya melihat portofolio Nicoline Patricia Malina di website resminya nicolinepatricia.com, saya melihat banyak unsur tradisional juga budaya, baik dari pemilihan model, kostum, maupun background serta properti. Tidak seberti fotografer fashion lain yang menonjolkan unsur glamour di setiap hasil jepretannya, foto-foto Nicoline Patricia Malina lebih kental akan unsur seni yang digali dari unsur tradisional juga budaya. Fotografer yang pernah mendapat project pemotretan Liv Mayer untuk majalah Herper's Bazzar ini mengatakan selalu ada cerita di setiap fotonya. Nicoline Patricia Malina jatuh cinta terhadap fotografi karena ceritanya. Dan hal itu yang ingin dia sampaikan melalui foto-fotonya.

salah satu karya fotografi nicoline yang kaya akan unsur tradisional dan budaya dSalah satu karya fotografi Nicoline Patricia Malina yang kaya akan unsur tradisional dan budaya diambil dari nicolinepatricia.com.

Dengan segala hasil karyanya  dan berbagai macam award yang telah diraih, Nicoline Patricia Malina telah menjadi fotografer profesional dengan bayaran fantastis (sekali pemotretan tarifnya 8 sampai 9 digit rupiah), walaupun dulu orang tuanya sempat pesimis dengan jalur karir pilihnya. Figur Nicoline Patricia Malina mengingatkan saya pada sebuah kata mutiara dalam novel Sang Alkemis: Di mana hatimu berada, maka di situlah hartamu berada.

Baca juga: Traveling: Mimpi, Destinasi, Tujuan, Makna

 

 

Harapan dari seorang Nicoline Patricia Malina

Penyuka traveling ini memiliki harapan ingin mengunjungi negara-negara di Amerika Latin seperti Peru dan Venezuela. Mengenai karirnya, Nicoline Patricia Malina ingin melanjutkan proyek mengeksplorasi budaya Indonesia.

potret nicoline patricia malina saat travelingPotret Nicoline Patricia Malina saat traveling diambil dari akun instagram @npmalina.

 

 

 

Referensi :

  • www.nicolinepatricia.com
  • www.whiteboardjournal.com
  • www.youtube.com
  • fitrihardiyanti93.blogspot.com

Baca juga: Pelesir Ala Artebia

 




Amidah Budi Utami

Amidah Budi Utami adalah seorang perempuan yang bekerja di bidang IT dan menyukai seni, sastra, fotografi, dan jalan-jalan.

Profil Selengkapnya >>

Figur Lainnya

Tulis Komentar
comments powered by Disqus





KATEGORI :




ARTIKEL PILIHAN :




Cinderella dan Wanita Masa Kini: Sebuah Dekonstruksi Dongeng


Edwin Ruser dan KoreanUpdates - Menghidupkan Mimpi Lewat Passion


To All The Boys I've Loved Before - Siapa Bilang Hati Manusia Hanya Bisa Untuk Satu Orang?


The Swimmer (Fak Wai Nai Kai Ther): Ketika Persahabatan Menjadi Dendam




Soto Khas Lamongan Di Pandean, Ngoro


Burgerman - Burger Home-Made Khas Surabaya yang Selalu Bikin Ketagihan


Penelusuran dan Napak Tilas Reruntuhan Situs Candi Pendharmaan Ken Angrok di Kabupaten Malang (Bagian 2)


Literasi Desember: Festival Literasi Akbar Bersama Literaturia


Sebuah Wajah, Sebuah Rasa (Bagian Kedua)


Oma Lena - Part 2


Masa (I)