Happy - Mocca Band (Dinyanyikan Ulang Oleh Aldin)

03 May 2016    View : 1645    By : Nadia Sabila


Happy! Itulah yang saya rasakan begitu mendengar seorang anak laki-laki bernama Aldin menyanyikan lagu yang dipopulerkan oleh Mocca, band asal Bandung, yang berjudul "Happy" tersebut. Memang, lagu ini sebetulnya adalah salah satu lagu pengiring (original soundtrack) dari sebuah film anak berjudul "Untuk Rena" yang dirilis pada tahun 2005 yang dibawakan oleh Mocca sendiri. Tapi saya baru tahu versi lengkapnya beberapa hari lalu, dan itu pun langsung mendengar versi Aldin-nya, bukan versi Mocca-nya.

mocca
Terus terang, saat mendengar sekilas musik lagu "Happy" ini yang bertema swing-jazz ini, saya merasa familiar. Benar saja, lagu "Happy"—Mocca Band ini ternyata memang sudah sering diambil sebagai musik latar untuk beberapa acara anak-anak dan reality show di Korea Selatan, termasuk reality show anak Korea Selatan favorit saya, The Return of Superman. Ada sedikit sesak dalam hati saya, mengapa lagu berkualitas tinggi semacam ini justru tak begitu bergaung di negeri sendiri, malah ramai diambil oleh orang-orang di negara lain?

Baca juga: Reason - Eva Celia: Sebuah Penemuan Jati Diri

Nah, karena saya lebih 'tergelitik' dengan lagu "Happy" yang versi Aldin, berikut ini lirik dan video resmi YouTube-nya yang diunggah sendiri oleh Mocca Band:

Life is just a Bowl of Cherries,
Sometimes it is filled with Worries
Don't be afraid,
When Things Go Wrong, Just be Strong.

When Thing Seems up in the Air,
And Everything is so unfair,
And You Stumble and Fall
Just Pick Yourself up and Sing

If One Day You Lose Your Way,
Just Remember One Thing, My Friend.
When You're Under a Cloud
Just Visit Music and Sing (Dance)

If One Day You Lose Your Way,
Just Remember that I'm Here to Stay.

Don't You Give up, Keep Your Chin up,
And Be Happy!

Bagaimana Artebianz? Lucu bukan? Komposisi musik lagu "Happy" ini terdengar cute dan cheerful saat dinyanyikan oleh Aldin, sangat cocok untuk didengar anak-anak.

Iringan tawa anak-anak di intro dan akhir lagu, ditambah liriknya yang inspiratif dan bersemangat - meski dalam Bahasa Inggris (bukan lirik cinta-cintaan yang seharusnya belum dinyanyikan oleh usia anak-anak)—membuat pendengarnya tertular perasaan happy yang tulus dari anak-anak tersebut, meski pendengarnya bukan anak-anak seperti saya.

Vokal Aldin yang renyah dan pengucapan (pronunciation) kata-kata Bahasa Inggrisnya yang sudah tepat makin membuat lagu ini easy listening. Di nada tinggi pun, falseto Aldin terbilang "selamat". Tak ada nada sumbang. Nggak salah memang kalau lagu ini disukai oleh dunia internasional.

Baca juga: HiVi - Siapkah Kau Tuk Jatuh Cinta Lagi

 

 

Analisis Lirik Happy - Mocca Band

Saya kira sudah sangat gamblang. Tak ada yang terlalu konotatif dalam lirik lagu "Happy" Mocca Band ini. Bait demi bait liriknya pun jelas terlihat bersajak dan berima seperti sebuah puisi.

Saya sepakat, hidup ini memang terkadang seperti semangkuk buah ceri yang kadang ada rasa asam yang merepresentasikan kekhawatiran. Tapi, kita tak perlu takut jika sesuatu hal berjalan tak sesuai dengan harapan kita. Tetaplah kuat.

Life is just a Bowl of Cherries,
Sometimes It's afraid Filled with Worries
Don't be afraid,
When Things Go Wrong, Just be Strong.

cerry

Begitupun jika impian kita tak kunjung terwujud, masalah menjadi kian tak jelas, dan semua terasa tak adil, memang wajar saja jika manusia jatuh dan terpuruk dalam keadaan semacam itu. Tapi ingat, jangan berlama-lama dalam depresi. Segeralah bangkit dan jalani dengan santai.

When Thing Seems up in the Air,
And Everything is so unfair,
And You Stumble and Fall
Just Pick Yourself up and Sing

Ada kalanya juga manusia akan merasa tersesat, kehilangan arah, dan tak tahu apa yang harus dilakukan untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi. Merasa sedih atas kemalangan yang menimpa -sekali lagi - adalah hal yang wajar. Rasakan kesedihan itu sewajarnya. Hadapi dengan tenang dan cepatlah kembali temukan kebahagiaan.

If One Day You Lose Your Way,
Just Remember One Thing, My Friend.
When You're Under a Cloud
Just Visit Music and Sing (Dance)

Sahabat adalah arah yang dituju saat kita tersesat. Sahabat yang baik akan selalu ada dalam kondisi apapun, bersama kita, dan menjadi penyemangat kita agar tak mudah menyerahj, selalu percaya diri, dan jangan lupa bahagia.

If One Day You Lose Your Way,
Just Remember that I'm Here to Stay.

Don't You Give up, Keep Your Chin up,
And Be Happy!

keep_your_chin_up


Baca juga: Doodle Land, A Coloring Book for Grown-Up Children



Siapa Sih, Aldin?

Oke, setelah membahas lirik lagunya, kita kenalan sedikit dengan vokalisnya. Seperti yang saya sebutkan di awal, lagu ini dinyanyikan ulang dari lagu Mocca Band berjudul sama yang rilis pada tahun 2005. Aldin Aimar Massad (Aldin) adalah putra dari drummer Mocca Band, Indra. Aldin menyanyikan lagu ini pada Desember tahun 2015 lalu dalam rangka Hari Ibu. Mocca sendiri beranggotakan Arina (vokal), Riko, Toma, dan Indra yang merupakan ayah Aldin.

Aldin sendiri belum lahir saat lagu "Happy" dirilis, karena Aldin lahir tanggal 16 Juni 2006 (belum genap 10 tahun usianya saat artikel ini ditulis).

Lagu "Happy" ini bukanlah lagu pertama Aldin untuk Mocca. Di awal Januari 2015, Aldin sempat ikut tampil dalam konser Home dan membawakan lagu "Bundle of Joy". Ternyata saat direkam, suara Aldin dirasa pas untuk membawakan lagu "Happy", dan jadilah lagu Happy ini dinyanyikan Aldin di akhir tahun dan membuatnya 'ketagihan' untuk terus bernyanyi.

Untuk yang penasaran dengan lagu "Happy" versi Mocca, berikut ini saya cantumkan video YouTube-nya:

 

In The End, Let's Be Happy!

Nah, setelah mendengar dua versi "Happy", mana yang Artebianz lebih suka? Yang mana pun pilihan Artebianz, yang jelas, lagu ini merupakan sebuah karya seni yang patut diapresiasi. Musiknya yang enak didengar, keceriaan anak-anak yang tulus dan tidak dibuat-buat, serta lirik lagu yang sederhanalah yang menjadikan saya tertarik untuk berbagi review tentang lagu "Happy" versi Aldin ini pada Artebianz.

Menurut saya, Indonesia perlu tahu ada satu karya seni musik anak bangsa yang sebaik ini. Selantun tembang yang cocok untuk semua umur dan ramah anak-anak di tengah minimnya karya cipta untuk anak-anak dewasa ini.

Mari dengarkan "Happy" agar kita ikut menjadi happy! Smile

 


Tag :


Nadia Sabila

Nadia Sabila adalah seorang jurnalis yang menggandrungi travelling dan makanan pedas.

Profil Selengkapnya >>

Review Musik Lainnya

Tulis Komentar
comments powered by Disqus





KATEGORI :




ARTIKEL PILIHAN :




Cinderella dan Wanita Masa Kini: Sebuah Dekonstruksi Dongeng


Voici - Duo Multi Talenta Dari Surabaya


Park Hee Jung's Cat and Dog - Komik tentang Anjing dan Kucing


Hormones The Series Season 1: Realita Remaja Saat Ini (Part 1)


How Deep Is Your Love - Calvin Harris: Dalamnya Cinta Lewat Deep House Music


Bubur Turki Kayseri: Bubur Ayam Versi Spicey


Kedai Es Krim Zangrandi - Sejak 1930


Jelajah Pantai Pacitan: Pantai Watu Karung


Literasi Desember: Literaturia, Budaya Berpikir Kritis, dan Literasi Media (Bag. 2)


Sebuah Wajah, Sebuah Rasa (Bagian Pertama)


Cita-Cita Dirgantara


Dalam Sekam Kehidupan