Pantai Karanggongso - Pantai Jernih Berpasir Putih Di Teluk Prigi

22 Mar 2015    View : 8924    By : Amidah Budi Utami


Pantai Karanggongso berlokasi di desa Prigi, kecamatan Watulimo, Kabupaten Trenggalek. Walaupun masih dalam satu kabupaten yang sama dimana saya lahir dan dibesarkan, namun saya baru mengunjungi pantai ini di usia lewat 20 tahun, bersama rombongan dari Gresik. Pantai karanggongso memberi kesan tersendiri di kunjungan saya yang pertama. Pantai karanggongso memiliki pasir berwarna putih dan ombak yang lebih kalem dibanding pantai pelang dan pantai konang  di desa kelahiran saya.

 

Menuju Pantai Karanggongso

Kami mengujungi pantai karanggongso saat liburan akhir tahun. Perjalanan dari Gresik menuju pantai karanggongso melewati 6 kabupaten yaitu, Surabaya, Mojokerto, Jombang, Kediri, Tulungagung, dan Trenggalek, memerlukan waktu tempuh sekitar 6 jam perjalanan dengan kendaranan pribadi. Ceritanya, ini adalah perjalanan dari ujung utara menuju ujung selatan  Jawa Timur.

peta lokasi pantai karanggongso(peta lokasi pantai karanggongso di teluk prigi)

Perjalanan dari Gresik sampai Trenggalek akan didominasi oleh jalanan yang lurus dan datar. Namun setelah memasuki kecamatan Watulimo jalanan menjadi lebih sempit, naik turun dan berbelok-belok, untungnya jalanan masih beraspal mulus dan jarang berlubang. Arah menuju pantai karanggongso tidak terlalu membingungkan, kami cukup mengikuti petunjuk arah saja dan sampailah kami di pantai Karanggongso.

Pantai ini juga bisa dikunjungi dengan menggunakan kendaran umum. Jika Artebianz datang dari Surabaya, Artebianz bisa naik bus Surabaya-Tulungagung. Dilanjutkan naik bus Tulungagung - Trenggalek turun Durenan (sekitar 15km). Selanjutnya bisa naik angkot Durenan - Prigi dengan menempuh jarak sekitar 30 km. Namun Artebianz harus sabar karena angkot di sini kadang harus menunggu lama.

Memasuki pantai ini dikenakan tiket masuk, kalau tidak salah sekitar Rp. 5.000 per orang.


Keindahan Pantai Karanggongso

Rupanya saat itu pantai ini sedang ramai-ramainya oleh pengunjung. Ada puluhan mobil terparkir, sampai-sampai sulit untuk mendapatkan tempat parkir. Pantai Karanggongso sudah cukup terkenal rupanya. Ada banyak kedai makanan, toko suvenir, toilet umum berbayar dan juga jasa penginapan di pantai ini.

Mengenai pantainya sendiri, saya mengakui pantai karanggongso merupakan salah satu pantai terbaik di kabupaten Trenggalek. Saya menyukai kejernihan air lautnya yang merupakan efek dari pasir putihnya. Hal pertama yang kami lakukan adalah menaiki dermaga kayu yang mengarah ke laut, membuat kami saakan menuju tengah laut.  Diatas dermaga kami tidak lupa berfoto.

dermaga kayu di pantai karanggongso(demaga kayu di pantai karanggongso, foto diambil dari wongkentir.blogdetik.com)

Beberapa kali saya mengedarkan pandangan ke segala penjuru arah sambil terus mengagumi ciptaan Tuhan satu ini. Dari sudut pandang saya melihat, laut di teluk ini berbatasan langsung dengan bibir pantai disebelah selatan, gunung-gunung kecil di sisi barat dan timur, serta laut lepas (samudera hindia) di sisi selatannya. Pemandangan yang memberi kesan teduh.

Setelah puas bermain di dermaga kami menyusuri pantai menuju arah paling barat. Disana ada tebing-tebing karang, sesekali ombak menghantam tebing tersebut. Kami memutuskan untuk menaiki tebing karang tersebut dan duduk-duduk di sana, menghayati keindahan laut sekali lagi.

Saya juga mengamati beberapa pengujung yang sedang berenang. Pantai karanggongso relatif lebih aman untuk berenang karena ombaknya yang tidak terlalu besar, hal ini juga karena lokasinya yang berada di teluk bukan di pantai lepas. Ada jasa penyewaan ban renang bagi pengujung yang belum pandai berenang. Ada juga jasa penyewaan perahu bagi pengujung yang ingin merasakan sensasi naik perahu mengelilingi teluk prigi ini.

berenang di pantai karanggongso(berenang di pantai, foto diambil dari fotografer.net)

Hal yang tidak kalah menarik dari wisata pantai karanggongso adalah kedai-kedai makanannya. Menu yang menjadi favorit adalah es kelapa muda dan berbagaimacam seafood. Kedai makanan di sini selalu ramai oleh pengunjung. Kemungkinan karena kuliner di pantai ini relatif lebih murah dari kedai-kedai makanan di tepi pantai-pantai lain. Atau karena keindahan pantai ini bisa meningkatkan nafsu makan? Artebianz harus ke pantai ini untuk membuktikannya.


Akhir Kata untuk Pantai Karanggongso

Saya merekomendasikan pantai ini untuk Artebianz yang menyukai wisata pantai yang masih perawan. Bagi saya pentai ini juga efektif untuk menghilangkan pikiran-pikiran sumpek. Lokasinya yang jauh dari keramaian kota serta penduduk lokal yang ramah dan murah senyum akan memberikan suasana yang berberda.

 

 

Tempat wisata asyik lainnya:




Amidah Budi Utami

Amidah Budi Utami adalah seorang perempuan yang bekerja di bidang IT dan menyukai seni, sastra, fotografi, dan jalan-jalan.

Profil Selengkapnya >>

Wisata Lainnya

Tulis Komentar
comments powered by Disqus





KATEGORI :




ARTIKEL PILIHAN :




Ada Kemauan Ada Jalan: Sebuah Energi Kehidupan


Nicoline Patricia Malina: Fotografer Cantik Muda Berbakat


Petualangan bersama Einstein: Bumi yang Bergolak


Gone Girl - Ketika Cinta Berakhir, Yang Tersisa Hanyalah Kematian


Kataji - Awal Mula Saya Terpikat pada Yura


Jeju Ice Cream: Es Krim Unik Rendah Lemak


Heerlijk Gelato


Jelajah Pantai-Pantai Malang Selatan


POPCON Asia Surabaya: City of Superheroes


Sebuah Wajah, Sebuah Rasa (Bagian Empat)


Twist and Shout (Part 2)


Dua Windu Lalu, Lewat Hening Malam